31 January 2022

Mengenal Perbedaan dari Kejang dan Juga Epilepsi

 

Kejang Dan Epilepsi


Banyak sekali orang yang berfikit jika kejang dan epilepsy ini sama, padahal sudah jelas jika kedua keadaan ini tidak sama. lalu apa yang membedakan keduanya? Di dalam kesempatan kali ini mari kita cari tahu mengenai jawabannya.


Definisi mengenai kondisi

Epilepsy ini adalahh sebuah gangguan yag ada di bagian sistem saraf pusat, sedangkan kejang ini adalah sebuah gagguan kelistrikan di otak yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak bisa dikontrol. Keduanya memang sering sekali dianggap sama  karena dari epilepsi ini muncul gejala kejang yang memperlihatkan jika aktivitas di otak tidak normal.

Pada saat kejangg atau epilepsy ini terjadi tubuh Anda ini akan kehilangan kendali, hal ini bisa menyebabkan seseorang melakukan gerakan yang menyentak dan tidak terkendali, mala terus berkedip, hilang kesadaran dan menatap kosong dalam waktu yang cukup lama. Bagi orang yang mengalami epilepsy dan kejang ini biasanya akan merasa bingung setelah gejala yang mereka alami ini jadi membaik. 


Frekuensi mengenai kejadian

Dari frejuensi kejadian juga kita bisa tahu apakah ini kejang atau epilepsy, kejang ini biasanya hanya terjadi satu kali saja dan serangannya secara tiba-tiba. sedangkan untuk epilepsy bisanya ada gejala kejang yag lebih dari satu kali dan tidak ada penyebab yang jelas.


Penyebab yang mendasari

Anda juga bisa tahu perbedaan dari epilepsy dan kejang ini dari penyebab yang mendasarinya. Neuron yang ada di otak ini bisa mengirim, membuat, dan menerima impuls listrik yang membuat sel saraf pada otak untu berkomunikasi. Ketika jalur komunikasinya terganggu maka jalur kelistrikan di otak ini jadi ikut terganggu ada timbul kejang. Pemicu kejang lainnya bisa jadi karena:

Kurang tidur

Demam

Hiponatremia (kadar natrium yang rendah di dalam darah)

Penggunaan nikotin berlebihan 

Minum alkohol berlebihan 

Beda dari kejang biasa epilepsy biasanya akan berkaitan dengan adanya masalah dan juga kelainan di otak, misalnya:

Trauma di otak

Tumor otak

stroke

Mengidap penyakit infeksi otak contohnya meningitis

Kelainan struktur otak bawaan contohnya autism


Pahami Hal Ini dari Kejang dan Epilepsi

Mentahui perbedaan dari kejang dan juga epilepsy ini cukup penting karena jiga epilepsy ini tidak di obatii dengan benar bisa menimbulkna komplikasi. Kejang saat epilepsy ini memang keadaan yang lebih kritis dari kejang yang biasa. Kejang biasa ini lebih sering terjadi pada anak karena menderita demam.

Tapi Anda juga jangan menyepelekan hal tersebut karena kejang dan juga penyakit epilepsy ini harus segera di tangani oleh dokter. Hal ini bertujuan supaya kondisinya bisa segera di tangani dan juga bisa membuat penderita mengalami komplikasi. 


Menolong orang yang kejang

Posisikan tubuh orang yang miring tadi ke posisi hati-hati ke satu sisi

Ganjal kepalanya menggunakan sesuatu yang lembut

Kendurkan baguian dari atau benda apapun yang menutupi lehernya

Jangan masukan sendok, kari atau benda apapun kedalam mulut orang yang sedang kejang

Jangan menahan tubuh seseorang yang sedang kejang

Jika orang tersebut terus menghentakan tubuhnya Anda hanya perlu menyingkirkan benda yang diangkap berbahaya yang ada di sekitarnya.

Tetap damping orang tersebut hingga petugas medis tiba dan orang tersebut dapat pengobatan yang tepat

Amati dengan teliti supaya Anda ini bisa memberikan detail mengenai apa yang terjadi, jangan lupa hitung juga berapa kali orang ini mengalamii kejang.


0 komentar:

Post a Comment