30 January 2022

Ketahui Nama – Nama Malaikat Serta Tugasnya Dan Fungsi Mengimaninya

 

Nama Malaikat


Rukun iman yang kedua adalah Iman kepada Malaikat – Malaikat Allah SWT. Sehingga sudah menjadi kewajiban bagi setiap umat islam untuk yakin kepada Malaikat – Malaikat Allah SWT. 

Berbeda dengan manusia yang tercipta dari tanah, Malaikat tercipta dari cahaya. Malaikat merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang paling taat akan perintahnya dan selalu menghindari semua larangan-Nya. 

Untuk itu, agar semakin yakin dengan Malaikat-Malaikat Allah SWT, anda harus mengetahui nama malaikat dan tugasnya

1. Malaikat Jibril

Tugas Malaikat Jibril adalah menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada para nabi dan rasul-Nya. Selain itu juga, Malaikat Jibril memiliki tugas untuk membawa rahmat kepada mereka yang menjaga kesuciannya saat sakaratul maut atau saat nyawanya sedang dicabut. 

2. Malaikat Mikail 

Tugas Malaikat Mikail adalah memberikan rezeki kepada seluruh makhluk Allah SWT. Tidak hanya memberikan kepada manusia saja, melainkan kepada seluruh makhluk hidup seperti tumbuhan dan hewan dengan menurunkan hujan agar tetap hidup. 

3. Malaikat Israfil 

Tugas Malaikat Israfil adalah meniup terompet sangkakala. Terompet sangkakala akan ditiup sebanyak dua kali. Tiupan pertama terjadi pada saat hari kiamat tiba dan akan mematikan semua makhluk hidup yang bernyawa. Sedangkan, tiupan kedua terjadi saat semua makhluk yang sudah mati akan dibangkitkan kembali, yaitu pada hari kebangkitan. 

4. Malaikat Izrail 

Tugas Malaikat Izrail adalah mencabut nyawa manusia. Ketika sudah tiba ajalnya bagi manusia itu untuk menghadapi kematian, maka Malaikat Izrail akan mencabut nyawanya. 

5. Malaikat Munkar

Tugas Malaikat Munkar adalah menanyakan kepada manusia yang sudah mati di alam kubur. Malaikat Munkar akan bertanya mengenai seluruh amal perbuatannya selama di dunia. 

6. Malaikat Nakir 

Tugas Malaikat Nakir sama dengan Malaikat Munkar, yaitu menanyakan kepada manusia yang sudah mati di alam kubur. Malaikat Nakir akan menanyakan tentang agamanya, ibadahnya, saudara – saudaranya semasa hidupnya. 

7. Malaikat Raqib

Tugas Malaikat Raqib adalah mencatat seluruh amal dan perbuatan baik dari manusia. Ketika manusia berniat untuk melakukan suatu kebaikan, maka Malaikat Raqib akan mencatatnya sebagai amal baik. Kemudian, jika niat tersebut dilakukan maka amal baiknya akan bertambah dan dikalikan. 

8. Malaikat Atid

Berbeda dengan Malaikat Raqib, Malaikat Atid memiliki tugas untuk mencatat seluruh amal dan perbuatan buruk dari manusia. Ketika manusia berniat untuk melakukan suatu keburukan, maka Malaikat Atid tidak akan mencatatnya sebagai amal buruk. Namun, ketika niat tersebut dilakukan makan dicatat sebagai amal buruk. 

9. Malaikat Malik

Tugas Malaikat Malik adalah menjaga pintu neraka. Neraka adalah tempat yang paling buruk dan tidak ada seorangpun yang mengharapkan akan masuk ke dalam neraka. Namun, bagi orang yang semasa hidupnya penuh melakukan hal buruk dan tidak beriman kepada Allah SWT maka akan ditempatkan di neraka dan dijaga oleh Malaikat Malik. 

10. Malaikat Ridwan

Tugas Malaikat Ridwan adalah menjaga pintu surga. Surga adalah tempat yang paling indah dan banyak orang mengharapkan untuk masuk ke dalam surga sebagai tempat yang abadi. Malaikat Ridwan akan menyambut semua hamba Allah yang akan masuk ke dalam surga karena semasa hidupnya sudah berbuat baik dan selalu beriman kepada Allah SWT. 

Dengan mengetahui nama – nama Malaikat Allah SWT dan tugasnya, anda dapat lebih baik dalam menjalani kehidupan di dunia yang hanya sementara ini, karena anda percaya akan selalu ada Malaikat yang mencatat semua amal perbuatan anda. 

0 komentar:

Post a Comment