04 October 2021

Penyebab Ketombe Sesuai Dengan Jenis Ketombe

 

Penyebab Ketombe

Banyak orang yang mengalami ketombe, namun tidak banyak yang mengetahui secara pasti apa penyebab ketombe. Ketombe sebagian besar adalah sel kulit kepala mati yang pecah sehingga terlihat seperti serpihan putih di baju Anda. Meski ketombe terlihat mirip, jenis ketombe berbeda-beda tergantung kondisi kulit kepala. 

Ketombe Kulit Kering

Kulit kepala kering sering menyebabkan iritasi dan melepaskan sel-sel kulit mati. Orang yang mengalami ketombe pada kulit kering biasanya merasa gatal, namun tidak sesering jenis ketombe lainnya. Ketombe pada kulit kepala kering biasanya disebabkan oleh cuaca yang terlalu panas atau aktivitas di luar ruangan yang membuat rambut Anda terkena sinar matahari langsung.

Ketombe Kulit Berminyak

Selain kulit kering, kulit kepala berminyak juga bisa menjadi penyebab ketombe. Hal ini didasarkan pada adanya kelenjar keringat di bawah kulit kepala yang menghasilkan sebum dan berfungsi untuk melembabkan dan melindungi kulit kepala. 

Ketika kelenjar sebasea menghasilkan sebum berlebih, rambut menjadi berminyak. Kelebihan minyak menggumpal, mengiritasi kulit kepala dan menyebabkan ketombe. Ketombe kulit kepala berminyak biasanya berwarna kuning, tidak seperti ketombe kulit kepala kering.

Ketombe Jamur

Malassezia merupakan jenis jamur paling umum yang ditemukan di kulit kepala setiap orang yang dapat menjadi penyebab timbulnya ketombe. Pada beberapa orang, Malassezia sering menyerang dan mengiritasi kulit kepala. Penyebaran jamur di kulit kepala juga menimbulkan sebum. Jika sudah, Malassezia akan menjadi penyebab utama ketombe. 

Ketika seseorang mengalami ketombe yang disebabkan oleh Malassezia, mereka sering mengalami gatal-gatal yang parah dan muncul bercak kuning dan putih. Penting untuk dicatat bahwa jenis ketombe ini biasanya ditularkan melalui sisir atau handuk orang lain. Oleh karena itu, kebersihan adalah kunci utama dari ketombe yang disebabkan oleh Malassezia.

Untuk mengatasi berbagai penyebab ketombe, Anda bisa menggunakan shampo khusus ketombe seperti Clear Men Cool Sport Menthol. Shampo ini memiliki formula Taurine dan Triple Anti-Dandruff Technology serta kandungan vitamin B3 untuk membantu menghilangkan ketombe dan mencegahnya datang kembali serta menyegarkan kulit kepala.


0 komentar:

Post a Comment