13 October 2021

Apa yang terjadi jika si kecil alergi susu?

 

Susu Untuk Anak Elergi

Segala kebaikan akan diberikan orang tua bagi bayi yang baru dilahirkannya. Kebaikan tersebut mulai dari memberikan kelengkapan terbaik berupa pakaian, sampai pada makanan terbaik. Ironisnya, baik bagi orang tua belum tentu baik bagi bayinya sendiri. Salah satu contohnya adalah susu formula sapi yang dibeberapa kasus justru mengakibatkan alergi dari si kecil. Bayi yang mengalami alergi pada susu sapi menandakan bahwa dia memiliki kekebalan tubuh yang tidak bisa menerima protein dari susu sapi secara langsung. Namun jangan langsung panik jika kejadian tersebut menimpa si bauh hati anda. Berikut adalah beberapa tips mengenai susu untuk anak alergi

Kenali Alergi Susu

Alergi susu pada bayi biasa ditandai dengan muntahnya si bayi, diare, gatal-gatal serta napas yang berbunyi. Alergi susu pada bayi disebabkan karena factor keturunan sesuai dengan hasil penelitian dari ikatan dokter Indonesia (IDI). Namun bayi yang orang tuanya tidak memiliki riwayat alergi susu pun juga bisa terkena alergi ini namun dengan presentasi yang jauh lebih sedikit yakni 10%-15%

Hindari Produk yang Mengandung Susu

Salah satu penyebab dari alergi susu pada bayi adalah kandungan laktosa yang biasa di temukan pada susu bayi. Kandungan ini tidak mampu dicerna alami oleh kekebalan tubuh bayi  sehingga dideteksi sebagai bahan yang berbahaya oleh sistem pelindung bayi. 

Selektif dalam memberi makanan pada si bayi, pastikan orang tua selalu mencek dan memastikan kandungan apa yang ada pada makanan tersebut sebelum diberikan kepada si bayi sebagai bentuk antisipasi dari alergi susu ini. Jika ada makanan yang mengadung laktosa, maka hindari makanan tersebut.

Berikan Makanan yang Mengandung Vitamin D

Salah satu kandungan yang setara dengan kandungan susu sapi adalah vitamin D. Vitamin ini bisa menjadi pengganti bagi si bayi yang alergi susu. Selain vitamin D, kandungan kalsium dan protein juga perlu diberikan bagi si bayi. Contoh makanan yang memiliki kandungan vitamin D, kalsium serta protein adalah bayam, brokoli, olahan kedelai, salmon, tuna, serta telur. 

Susu Formula Hidrolisat Ekstensif

Alergi susu sapi merupakan keadaan dimana sistem kekebalan tubuh si bayi tidak bisa menerima dan mencerna kandungan protein dari susu sapi. Susu formula hidrolisat ekstensif merupakan salah satu alternative, karena di susu ini kandungan protein dari susu sapi sudah dipecah menjadi komponen yang lebih kecil, sehingga sebagian anak yang mengalami alergi susu sapi bisa menoleransi dengan baik kandungan dari susu ini.

Susu Formula Asam Amino

Susu formula asam amino banyak dijadikan pilihan pertama pengobatan dari bayi yang alergi berat susu sapi. Mengapa susu dengan formula asam amino menjadi pilihan yang bagus? Kerana asam amino sendiri merupakan hasil penguraian dari protein yang dicerna oleh tubuh. asam amino ini sendiri berfungsi untuk melancarkan metabolism tubuh manusia. asam amino sendiri merupakan bahan essensial yang artinya tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, namun sangat di perlukan. Karena itulah, susu berjenis ini sangat dianjurkan bagi anak yang memililki alergi berat pada susu sapi.

Sebenarnya pemberian asi ekslusif merupakan solusi terbaik dari masalah ini. Asi sendiri merupakan bahan alami yang kandungannya sangat pas dengan kebutuhan bayi. Namun seiring berjalan waktu dan perubuhan gaya hidup, pemberian asi mulai digeserkan oleh penggunaan dari susu formula karena dianggap praktis dan sesuai dengan gaya kehidupan di zaman sekarang. 

0 komentar:

Post a Comment