19 September 2021

Alat Untuk Menghitung Usia Kehamilan

 

Kehamilan

Kehamilan merupakan suatu hal yang banyak ditunggu oleh pasangan suami istri. Menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri ketika menyadari bahwa ada si kecil yang tumbuh di dalam perut ibu.

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan terutama ketika masa awal kehamilan adalah untuk mengetahui usia kehamilan. Belum ada cara secara pasti yang dapat dilakukan untuk menghitung usia kehamilan tetapi ada beberapa cara menghitung usia kehamilan.

Terdapat 2 alat yang umumnya digunakan untuk menghitung usia kehamilan yaitu:

1. USG (Ultrasonografi)

Alat untuk menghitung usia kehamilan yang pertama adalah dengan menggunakan USLG atau ultrasonografi. Penggunaan USG untuk menghitung usia kehamilan memiliki akurasi yang cukup tinggi. 

Pemeriksaan dengan USG dapat dilakukan ketika melakukan konsultasi dengan dokter. Alat USG akan menunjukkan kondisi yang ada di dalam kantong rahim. Pada masa awal kehamilan, kantung rahim akan terlihat ketika memasuki usia kehamilan 4-6 minggu. Dengan melihat adanya kantung rahim, dapat dipastikan bahwa memang memasuki masa kehamilan dan akan dapat digunakan untuk memastikan kehamilan selain dengan menggunakan alat tespack.

Pemeriksaan dengan menggunakan USG juga akan membantu untuk mengaati pertumbuhan janin lebih jelas. Dimana pada masa kehamilan yang sudah memasuki usia lebih dari 8 minggu, detak jantung bayi sudah mulai dapat dideteksi.

Maka dari itu, pemeriksaan dengan USG direkomendasikan untuk dilakukan terutama untuk menghitung usia kehamilan dan mengamati pertumbuhan dari janin.

2. Kalkulator Kehamilan

Alat lainnya yang dapat digunakan untuk menghitung usia kehamilan adalah dengan menggunakan kalkulator kehamilan. Perkembangan teknologi yang semakin maju menjadikan kalkulator kehamilan menjadi salah satu alternatif untuk menghitung usia kehamilan.

Meski tidak memiliki akurasi setinggi pemeriksaan dengn menggunakan USG, namun penggunaan kalkulator kehamilan ini juga efektif dan lebih mudah untuk menghitung usia kehamilan. Yang diperlukan untuk menghitung usia kehamilan dengan menggunakan kalkulator kehamilan adalah hari pertama haid terakhir serta siklus menstruasi setiap bulannya.

Perhitungan usia kehamilan dengan kalkulator kehamilan dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi yang dapat diunduh melalui ponsel masing-masing dengan berbagai tambahan fitur yang bermanfaat ketika masa kehamilan bahkan hingga si kecil lahir.

Selain menunjukkan usia kehamilan, menggunakan kalkulator kehamilan juga akan memberikan hasil lainnya yang diperlukan oleh ibu hamil seperti:

Hitungan trimester kehamilan

Perkiraan berat badan janin sesuai dengan usianya

Perkiraan pertambahan berat bada ibu hamil

Mengetahui perkiraan lahir si kecil

Di atas merupakan 2 alat yang dapat digunakan untuk menghitung usia kehamilan. Namun sebenarnya apa manfaat dari menghitung usia kehamilan?

Menghitung usia kehamilan memiliki banyak manfaat dan akan sangat penting dalam masa kehamilan hingga menjelang kelahiran si kecil. Beberapa manfaat yang didapatkan dari menghitung usia kehamilan adalah seperti:

Mengetahui Usia Janin

Mengetahui usia janin sangat penting dimana dengan mengetahui usia janin, ibu hamil dapat memperhatikan pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungan. Janin pada umumnya akan memiliki perkembangan yang sama sesuai dengan usia janin tersebut sehingga akan lebih mudah untuk melihat apakah janin tumbuh dengan baik atau terdapat masalah pada janin tersebut.

Memperkirakan Hari Perkiraan Lahir Si Kecil 

Dengan mengetahui hari perkiraan lahir si kecil, ibu hamil dapat mempersiapkan segala sesuatunya yang dibutuhkan untuk menyambut si kecil selain itu dengan mengetahui hari perkiraan lahir si kecil, ibu hamil dapat mempersiapkan mental untuk menghadapi hari – hari persalinan. 


1 comment: