03 August 2021

Mengenal Lebih Dalam Masjid Kubah Mas yang Menawarkan Keindahan

 

Kubah Mas Depok

Jika kalian berkunjung ke daerah Depok mungkin mengunjungi tempat ini adalah sebuah kewajiban ya sahabat piknik, yaps nama tempatnya adalah Masjid Kubah Mas. Masjid Kubah Mas ini berlokasi di  pinggir Jalan Meruyung, Kecamatan Cinere, Kota Depok, Untuk menemukan lokasinya sangat lah mudah loh sahabat piknik, karena Masjid Kubah Mas ini bisa terlihat dengan jelas dan juga bisa diakses melalui banyak arah. Saat berangkat dari Dermaga Depok, wisatawan yang menggunakan mobil pribadi dapat mengambil jalan menuju kawasan Pantai Shawan. Setelah sampai di pertigaan Parung Bingung, pengunjung disarankan untuk berbelok ke kanan menuju Kecamatan Cinere kemudian ke masjid. Jarak pertigaan Parung Bingung dengan lokasi masjid kurang lebih 3-4 kilometer. Bagi wisatawan yang tidak menggunakan mobil pribadi dapat menggunakan angkutan kota (angkot) 03 dari Terminal Kota Depok menuju simpang Parung Bingung. Dari pertigaan ini, wisatawan disarankan naik ojek menuju Masjid Golden Summit. Kota Depok berjarak sekitar 7 km dari Masjid Kubah Emas. Sementara itu, bagi wisatawan yang berangkat dari Terminal Lebak Bulus atau Terminal Pondok Labu di selatan Jakarta dapat menggunakan Angkutan Kota (angkot) nomor 102 menuju simpang Parung Bingung T dan belok kanan menuju lokasi masjid. Banyak sekali ya sahabat piknik akses yang bisa mebawa kita menuju tempat wisata di depok yang menjadi salah satu ikon di Kota Depok ini.

Setelah kita membahas tentang akses menuju Masjid Kubah Mas ini rasa-rasanya kita perlu tahu ya sahabat piknik apa saja yang melekat pada masjid ini mulai dari sejarah dulu sampai sekarang ini. Pendiri masjid ini adalah salah satu pengusaha dari Banten beliau adalah Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid. Beliau membeli tanah yang sekarang berdiri masjid kubah mas sejak tahun 1996 dan proyek pembangunan masjid ini sendiri dimulai pada tahun 2001 dan selesai pada tahun 2006, lumayan lama juga ya sahabat piknik tetapi hasil dari pengerjaan yang memakan waktu kurang lebih 5 tahun itu bisa mendapatkan hasil yang sangat indah dan cantik. 

Masjid kubah mas sebenarnya memiliki nama asli (Masjid Dian Al Mahri), nama kubah mas adalah nama yang diambil dari ciri khasnya yaitu kubah yang dimilikinya terbuat dari emas 24 karat, adapun beberapa ciri dan info oleh masjid kubah mas yaitu:

1. Kubah Mas

Tentu saja salah satu yang menarik dari masjid ini adalah kubahnya yang terbuat dari emas, tidak hanya satu kubah saja melainkan 5 kubah yang dilapisi oleh emas 24 karat dengan ketebalan 2-3 mm. Selain kubahnya terdapat relief dan juga mahlota yang terbuat dari emas juga.

2. Desain

Hal yang menarik selanjutnya adalah soal desain dari masjid ini sendiri, desain dari masjid ini dibuat langsung oleh pendirinya  yaitu adalah Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid.

3. Wisata religi 

Selain menjadi tempat ibadah bagi umat islam, masjid kubah mas sendiri juga menjadi wisata religi yang sangat bagus untuk dikunjungi. Masjid ini memiliki luas bangunan 8.000 meter yang bisa menampung banyak jamaah sekitar 2000 orang.

4. Tiket dan fasilitas 

Tiket masuk dari wisata ini sangat murah sekali yaitu untuk biaya parkir saja, dengan biaya parkir bus Rp 10.000, mobil Rp 3.000 dan untuk motor hanya Rp 2.000 saja. Masjid ini dibuka umum pukul 04.00-18.00 WIB dan tutup pada pukul 10.00-20.00 WIB pada hari kamis untuk persiapan sholat jum’at.(2008)

Untuk fasilitas yang didapatkan para pengunjung adalah tersedianya mini market, restoran, kois, toko butik, tempat penginapan, gedung serbaguna, auditorium, islamic center, dapur umum dan juga toko souvenir tentunya. Fasilitas-fasilitas ini akan membuat para pengunjung yang datang merasa betah dan nyaman saat berada di komplek masjid kubah mas ini.

Jika kalian berkunjung ke daerah Depok, kalian harus sekali mampir di sini dan melihat keindahan  yang ada  di masjid ini. Untuk saat ini mungkin kita belum bisa untuk berkunjung ke masjid kubah mas ini ya karena masih pada masa pandemi. Mari kita bantu negara ini agar bisa menurunkan angka penyebbaran covid-19 ya sahabat piknik


0 komentar:

Post a Comment