17 July 2021

Manfaat Susu Yogurt dan Harganya

 

Yogurt

Yogurt memiliki banyak sekali manfaat untuk kita. Jika kalian ingin membelinya, yuk kita simak lebih jauh tentang susu yang satu ini. Di sini, kita akan membahas lebih detail mengenai pengertian, manfaat, kandungan, keamanan, dan juga harganya.

Apa Itu Yogurt?

Yogurt merupakan produk susu olahan yang berasal dari Turki. Susu ini diolah dengan fermentasi bakteri yang dapat dibuat dari susu apa saja. Akan tetapi, yogurt yang saat ini paling banyak beredar dibuat dari susu sapi. Diperkirakan, yogurt sudah dikonsumsi sejak 4.500 tahun yang lalu yang mana proses awal pembuatannya diperkirakan terjadi secara alami.

Manfaat Yogurt

Susu ini dikenal dengan berbagai manfaatnya untuk Kesehatan. Salah satu manfaat terbesarnya ialah menjaga Kesehatan pencernaan dengan kandungan bakteri baik (probiotik). Bakteri ini bisa melindungi sistem pencernaan dari penyakit seperti konstipasi, radang usus, diare, dll. Probiotik yang ada dalam susu ini juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tak mudah terserang penyakit karena virus. Kandungan vitamin D-nya juga sangat bermanfat meningkatkan kepadatan tulang. Untuk Wanita, susu ini bisa digunakan untuk mencegah & mengatasi osteoporosis. Mereka yang sedang diet juga direkomendasikan untuk minum susu ini karena mampu menurunkan berat badan. Kandungan lemak sehat di dalam susu ini membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Kandungan Nutrisi Yogurt

Banyak nutrisi yang terkandung dalam susu fermentasi ini:

1. Protein

Protein yang terdapat pada susu ini cukup besar. Beberapa produk bahkan mengandung jenis protein seperti whey dan casein yang keduanya peran penting untuk tubuh. Whey membantu pertumbuhan otot dengan kandungan BCAA-nya sedangkan casein bermanfaat untuk otot dengan menyerap beberapa mineral guna menurunkan tekanan darah.

2. Lemak

Yogurt juga mengandung lemak, meski tidak banyak. Lemak ini berfungsi membantu pembentukan energi tanpa membuat tubuh surplus kalori.

3. Karbohidrat

Karbohidrat yang ada pada susu ini lebih banyak berupa gula sederhana seperti galaktosa dan laktosa yang kedua memberi rasa alami. Karena masyarakat umumnya tidak suka rasa asam, susu ini sering diberi tambahan pemanis tanpa menghilangkan rasa asamnya.

4. Probiotik

Probiotik merupakan bakteri baik yang memberi manfaat untuk tubuh jika dikonsumsi dengan benar & rutin. Bakteri baik ini akan berhenti di usus & membantu pencernaan, yang bisa menghilangkan nyeri & sembelit.

5. Vitamin & mineral

Dengan kandungan vitamin & mineralnya yang banyak, susu ini sangat baik untuk tubuh. Pasalnya, terdapat vitamin B12 dan kalsium di dalamnya. Selain menjaga Kesehatan gigi & tulang, susu ini juga bisa mencegah pengeroposan. Vitamin B2 dan fosfor juga terdapat pada susu ini, bermanfaat untuk proses biologis tubuh.

Apakah Yogurt Aman Dikonsumsi Setiap Hari?

Susu fermentasi ini aman dikonsumsi, bahkan setiap hari. Namun, tentu saja ada batasanya. Meski tidak disebutkan secara spesifik, para ahli Kesehatan merekomendasikan agar minum yogurt tidak lebih dari 3 porsi sehari. Tujuanya supaya keseimbangan jumlah bakteri baik dalam usus tetap terjaga dan mempu melancarkan proses penyerapan nutrisi makanan.

Harga Susu Yogurt

Yogurt bisa dibeli di toko-toko, baik offline maupun online. Salah satunya adalah Blibi. Harganya sangat bervariatif. Misalnya, Cimory Set Yogurt Plain 400 gram dijual dengan harga Rp 38.460. Ada juga Greenfields Yogurt Plain 1 kg – FG yang bisa dibeli seharga Rp 42.000. Dan masih banyak lagi. Pastikan kalian membeli sesuai dengan kebutuhan.

Deskripsi: Yogurt merupakan produk susu olahan yang dibuat dengan proses fermentasi. Berikut pengertian, manfaat, kandungan, keamanan, dan harganya.

0 komentar:

Post a Comment