28 June 2021

Yuk Intip Tips Jitu Memilih Mukena yang Nyaman!

Mukena Blibli


Mukena merupakan perlengkapan salat yang penting bagi seorang muslimah, sehingga dalam pemilihannya pun perlu diperhatikan. Tentu anda menginginkan salat dalam keadaan yang nyaman. Kenyamanan merupakan nilai jual mukena yang bisa anda peroleh jika memilih mukena dengan tepat. Yuk simak tips dari blibli.com agar tidak salah dalam memilih mukena!

Tips Jitu Untuk Anda yang Ingin Membeli Mukena

1. Menentukan Model

Mukena memiliki banyak model yang bisa anda sesuaikan dengan keinginan anda. Ada model konvensional berupa atasan dan bawahan yang diikat dengan tali atau karet. Model mukena seperti ini akan lebih cocok jika anda gunakan di rumah. Ada pula mukena dengan model terusan, sehingga lebih praktis untuk dikenakan.

Mukena dengan model terusan cocok dijadikan mukena travelling dan dibawa bepergian. Model yang ketiga adalah mukena tanpa tutup kepala, yaitu mukena yang bagian atasnya terbuka. Umumnya, mukena model ini menjadi favorit para wanita yang enggan lepas pakai jilbab ketika salat, sehingga tutup kepala langsung menggunakan jilbab yang dikenakan saat itu.

Anda bisa memilih model mana pun yang anda sukai di tempat jual mukena asalkan anda merasa nyaman saat memakainya. Anda juga bisa sesuaikan dengan kebiasaan sehari-hari. Meskipun mukena terusan lebih cocok untuk kegiatan di luar rumah, namun jika anda merasa nyaman dengan model ini, anda bisa gunakan dimana saja.

2. Memilih Mukena dengan Bahan Katun

Selain model, anda juga perlu untuk mempertimbangkan bahan dari mukena yang anda gunakan. Pilihlah mukena dengan bahan katun jika untuk keseharian. Mengapa bahan katun lebih direkomendasikan? Katun merupakan bahan yang memiliki sirkulasi udara baik. Dengan menggunakan mukena bahan katun, anda akan terhindar dari rasa gerah dan panas.

Terlebih lagi, bahan ini juga ringan, sehingga lebih pas untuk dibawa kemana-mana. Banyak pilihan bahan katun, seperti katun paris atau katun rayon. Pastikan juga bahan dari mukena yang anda pilih tidak menerawang karena menutup aurat dengan sempurna merupakan salah satu syarat sahnya salah yang harus dipenuhi.

3. Memilih Warna yang Cocok

Salah satu nilai jual mukena yang perlu anda perhatikan adalah pemilihan warna. Anda bisa membedakan warna mukena yang digunakan di dalam rumah dengan mukena yang dipakai di dalam rumah. Untuk mukena yang digunakan di luar rumah disarankan untuk memakai mukena dengan warna yang lembut, seperti krem, putih, atau kuning gading.

Penggunaan warna yang lembut akan menjauhkan anda dari kesan mencolok dan menyita perhatian. Selain itu, warna yang terang lebih mudah menghalau terserapnya panas matahari, sehingga anda tidak mudah merasa gerah saat salat di luar rumah, seperti ketika melakukan perjalanan.

4. Memilih Ukuran Mukena yang Pas

Sebagaimana ketika anda membeli baju, memilih mukena juga perlu memperhatikan ukuran agar nyaman saat dipakai. Umumnya, tempat jual mukena menawarkan mukena dengan ukuran all size atau bisa digunakan untuk semua ukuran badan. Akan tetapi, ukuran ini tidak selalu sama untuk setiap mukena.

Jika anda membeli secara langsung, anda bisa mencobanya terlebih dahulu. Namun jika membeli secara online, anda bisa melihatnya pada deskripsi produk yang diberikan. Dengan begitu, mukena yang anda pilih bisa pas dengan ukuran tubuh anda, tidak terlalu kecil atau terlalu besar.

Sebagai alat salat yang wajib digunakan oleh seorang muslimah, pemilihan mukena juga tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Anda harus tetap memperhatikan spesifikasi mukena tersebut, mulai dari model, bahan, hingga ukuran. Hal ini untuk menciptakan kenyamanan saat beribadah.

0 komentar:

Post a Comment