Thursday, March 4, 2021

Penyakit Hipertensi, Kenali Faktor Serta Cara Pengobatannya

 

Hipertensi


Memiliki tubuh yang sehat bugar memang menjadi keinginan semua orang. Tapi terkadang ada beberapa orang yang tanpa disadari mengidap penyakit suatu tertentu dengan gejala-gejalanya yang sulit diketahui. Salah satunya yaitu hipertensi. Dimana penyakit ini sudah sering sekali ditemui bahkan dari berbagai kalangan usia. Untuk ulasan lengkapnya, simak penjelasannya berikut ini.

Faktor Terjadi Tekanan Darah Tinggi

Seperti yang sudah kita ketahui, penyakit ini sering dikenal dengan tekanan darah tinggi. dimana kondisi ini bisa menyebabkan komplikasi kesehatan yang parah serta dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke. Tentu saja penyakit ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu karena terlalu banyak mengonsumsi garam.

Adapun beberapa faktor lainnya yang bisa menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi adalah kelebihan berat badan atau obesitas. Kurangnya mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran pun ternyata salah satu faktor yang bisa menyebabkan anda berpotensi terkena sakit hipertensi.

Terlalu banyak konsumsi minuman kopi atau minuman lain yang mengandung banyak kafein juga bisa menjadi faktor terkena tekanan darah tinggi yang tidak anda sadari. Maka dari itu, anda bisa mencegah terserang tekanan darah tinggi dengan tidak mengkonsumsi terlalu banyak kopi ataupun minuman yang mengandung kafein.

Mungkin anda sering dengar bahwa tekanan darah tinggi bisa diakibatkan pula karena adanya keturunan gen dari keluarga. Ternyata pernyataan ini memang benar adanya. Dimana faktor keturunan sering terjadi karena adanya riwayat anggota keluarga yang memang memiliki penyakit tekanan darah tinggi.

Faktor lainnya yang bisa menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi yaitu kurangnya aktivitas olahraga yang anda lakukan. Olahraga memang memiliki peran yang sangat penting. Selain mengonsumsi buah dan sayuran, anda juga perlu menyeimbangkan dengan kegiatan olahraga rutin yang tentu bermanfaat untuk kebugaran tubuh.

Pengobatan yang Bisa Dilakukan

Bagi beberapa orang yang mengidap penyakit tekanan darah tinggi, tentunya harus rutin konsumsi obat-obatan yang harus dilakukan seumur hidup. Hal ini bertujuan agar dapat mengatur tekanan darah menjadi normal kembali. Kabar baiknya, jika pengidap hipertensi sudah terkendali dengan melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat, penurunan dosis obat bisa dihentikan.

Terdapat pula beberapa cara pengobatan yang bisa diberikan kepada para pengidap penyakit tekanan darah tinggi. Seperti diberikannya obat untuk membuat kelebihan garam ataupun cairan dalam tubuh melalui urine. Karena pengidap penyakit ini rentan terhadap kadar garam yang tinggi di dalam tubuh, maka cara tersebut bisa dilakukan sebagai obat.

Pengidap penyakit tekanan darah tinggi bisa membuat pengidapnya rentan untuk mengalami sumbatan yang ada pada pembuluh darah. Maka dari itu ada pula obat yang diberikan seperti obat pelebaran pembuluh darah. Dengan adanya obat ini, maka diharapkan tekanan darah bisa turun kembali menjadi normal.

Melalui artikel kesehatan Halodoc, disebutkan pula mengenai obat yang bisa membantu pengidap tekanan darah tinggi bisa sembuh kembali. Yaitu dengan cara memberikan obat penghambat renin yang memiliki fungsi utama sebagai obat untuk dapat menghambat kerja enzim.

Fungsi lain dari obat penghambat renin ini, yaitu untuk menaikkan darah yang telah dihasilkan oleh ginjal. Yang mana telah diketahui, apabila renin bekerja secara berlebihan, maka tekanan darah akan naik kembali sehingga menyebabkan darah menjadi tidak terkendali sehingga menyebabkan tekanan darah kembali tinggi.

Demikian beberapa faktor serta cara pengobatan penyakit tekanan darah tinggi. Memahami beberapa penjelasan diatas, diharapkan anda bisa mengubah gaya hidup anda menjadi pola hidup sehat agar bisa mencegah diri dari penyakit tekanan darah tinggi. Seperti mengonsumsi sayur dan buah serta mengurangi tingkat konsumsi kopi atau minuman berkafein lainnya.

0 komentar:

Post a Comment