Monday, September 14, 2020

Simak! Ini Tips Mengecat Pagar Besi di Rumah dengan Tepat

Ngecat Pagar
Sumber: bobvila.com
Tampilan pagar besi rumah yang sudah berkarat dan kotor tentunya tidak enak dipandang, bukan? Hal ini pastinya akan mempengaruhi tampilan pada rumahmu juga.  Oleh karena itu, mengecat pagar besi gak hanya cukup sekali, karena cat pagar yang dipakai nantinya pasti bakal rusak dan mengelupas. Untuk itu, pengecatan pagar harus dilakukan secara berkala. 

Namun, pengecatannya gak boleh dilakukan sembarangan dan asal-asalan. Ada trik and tips mengecat pagar besi yang tepat agar cat nya bisa tahan lama dan awet. Triknya mudah dilakukan kok, hanya perlu melakukan empat tahap sederhana berikut ini. Yuk, simak sama-sama!

1. Kikis Terlebih Dahulu Cat Lama pada Pagar 

 
Cat Lama
Sumber: pinterest.com
Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum mengecat pagar, yaitu dengan mengikis terlebih dahulu cat awal pada pagar. Lakukan cara ini dengan alat kape buat mengikisnya agar lebih mudah dan cepat. Pekerjaan seperti ini memang memerlukan kesabaran dan proses yang cukup lama. Tahap ini dilakukan supaya saat di cat ulang pagar rumah tidak bergelombang dan hasilnya pun jadi bagus. Karat yang tersisa bakal teroksidasi kembali serta menimbulkan karat baru. Kalau dibiarkan begitu saja, karat itu bakal merusak lapisan cat yang lain. 

Buat kamu yang lagi cari besi pagar yang tahan lama terhadap karat, besi Hollow bisa jadi pilihan terbaik, lho. Besi Hollow mempunyai daya tahan yang sangat bagus terhadap korosi dan karat. Bahannya juga tidak akan dimakan rayap, dan harga besi Hollow ini terbilang cukup terjangkau ketimbang kayu untuk pagar. Besi Hollow juga sangat kokoh dan mudah dipasang. Jadi, cocok banget buat kamu pilih untuk pagar rumahmu. 

2. Lakukan Pengamplasan Pagar

 
Amplas Pagar
Sumber: woodies.ie

Biasanya pengikisan cat masih suka meninggalkan debu-debu atau sisa cat pada permukaan pagar. Maka dari itu, ada baiknya kamu juga mengamplas besi pagar rumah biar permukaan pagarnya tidak bergelombang. Pilih amplas yang memiliki tingkat kekasaran yang medium supaya hasilnya lebih maksimal. Terapkan metode ini sampai kamu yakin besi pagar rumah kamu sudah mulus dan terbebas dari gumpalan debu atau cat. Dengan begitu, proses pengecatannya nanti pun bakalan lebih mudah dan bagus.

3. Aplikasikan Cat Dasar

 
Cat Dasar
Sumber: youtube.com

Kalau proses pengikisan dan pengamplasan besi pagar sudah dilakukan, maka langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah melapisi besi pagar dengan cat dasar. Supaya cat nya cepat kering, disarankan untuk menggunakan cat dasar khusus yang tahan dengan alkali. Sebaiknya jangan mencampur tiner ke dalam cat terlalu banyak agar daya tutup catnya makin maksimal.

4. Lapisi Besi Pagar dengan Cat Penutup

 
Cat Penutup
Sumber: shalimarpaints.com

Jika tahap-tahap di atas sudah dilakukan, lapisi lah besi pagar dengan cat penutup. Lakukan dengan perlahan mulai dari atas pagar ke bawah. Kalau pengecatan pertama sudah dilakukan dan catnya sudah kering, disarankan untuk mengulangi lagi pengecatan agar hasil warnanya merata hingga keseluruhan dan kuat. Untuk pemilihan warna catnya, sesuaikan saja dengan tampilan rumah atau warna kusen alumunium pintu yang digunakan. Sehingga tampilannya tampak menyatu serta indah dipandang. 

Demikian pembahasan tentang tips mengecat pagar besi yang tepat. Lakukanlah tahap-tahap di atas secara step by step agar hasilnya memuaskan dan cat pagarnya bisa tahan lama. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Selamat mencoba!

0 komentar:

Post a Comment