Wednesday, September 16, 2020

Bagaimana Cara Meningkatkan Manajemen Inventori? Cek di Sini

Manajemen

Inventori atau dalam bahasa asing sering ditulis inventory merupakan kemampuan yang perlu dikuasai oleh pengusaha yang bergelut di bidang perdagangan. Pengaplikasian sistem inventori dianggap dapat bermanfaat untuk menjaga stok barang serta mengoptimalkan hasil dan keuntungan. Dengan begitu, pedagang yang mampu memanajemen inventori dengan baik akan terhindar dari kerugian.

Secara bahasa, inventori diartikan sebagai stok atau persediaan. Sedangkan secara istilah, inventori diartikan sebagai sistem pengaturan data stok produk yang berhubungan dengan aktivitas logistik suatu perusahaan. Lalu bagaimana cara yang efektif untuk meningkatkan manajemen inventori di perusahaan?

Mengatur Tempat Penyimpanan yang Sesuai
Untuk menyimpan stok barang, perusahaan memerlukan gudang atau tempat penyimpanan barang yang sesuai dengan kebutuhan. Agar lebih mudah, maka barang harus ditata serapi mungkin kemudian diambil sesuai urutan. Jika dalam satu tempat penyimpanan terdapat berbagai macam barang, maka sebaiknya ditata berdasarkan kategori barang.

Jika perlu, Anda bisa menyediakan rak untuk menyimpan barang berdasarkan kategorinya kemudian memberinya label atau tanda agar lebih mudah diketahui. Untuk barang yang lebih mudah diambil atau sering terjual, letakkan di tempat yang paling mudah diakses agar memudahkan pengambilan. 

Menyediakan Catatan Daftar dan Jumlah Persediaan Barang
Catatan nama dan jumlah barang merupakan hal yang sangat penting bagi pemilik perusahaan. Oleh karena itu, Anda harus memiliki buku khusus yang berisi daftar dan jumlah persediaan barang di gudang. Dengan catatan yang jelas, Anda akan lebih mudah dalam mengontrol aktivitas inventaris dan mengetahui barang apa saja yang paling sering terjual.

Dengan mengetahui jenis barang yang paling laku dan paling tidak laku, maka Anda bisa menganalisis kapan waktu yang tepat untuk berbelanja saat stok mulai menipis. Pencatatan ini dapat Anda lakukan secara manual di buku atau dengan menggunakan aplikasi tertentu yang terbukti akurat.

Melakukan Pemeriksaan Secara Berkala
Sebagai pemilik perusahaan Anda bertanggung jawab untuk melakukan pemeriksaan terhadap persediaan barang yang ada di tempat penyimpanan. Dengan rutin melakukan pemeriksaan pastinya Anda akan tahu jika ada barang yang hilang, rusak, dipindahkan atau di hutang. Hal itu juga menjadi salah satu tindakan yang dapat mencegah adanya kerugian dalam jumlah besar.

Lakukanlah pengecekan setidaknya sekali seminggu dengan berbekal catatan daftar dan jumlah persediaan barang yang Anda miliki. Untuk lebih mudah, pada catatan Anda bisa menggunakan kode tertentu berdasarkan kategori barang. Setelah menggunakan kode, akan ada barcode yang dapat dipindai dengan scanner sehingga proses inventori menjadi lebih efektif. 

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, untuk mempermudah manajemen inventori maka diperlukan buku catatan yang detail mengenai persediaan barang. Namun di zaman serba digital ini tentu diperlukan buku catatan yang berbentuk digital pula. Untuk itu, hadir aplikasi BukuKas yang akan mempermudah pengelolaan inventori perusahaan. BukuKas ini mempunyai fitur yang sangat lengkap sehingga segala kebutuhan pencatatan dapat dipenuhi dengan satu aplikasi saja.  Tertarik untuk menggunakannya? Cek informasi lebih jelasnya di sini https://www.bukukas.co.id 

0 komentar:

Post a Comment