Sunday, August 23, 2020

Mekanisme Kerja Solar Panel, Energi Listrik Ramah Lingkungan

Kerja Solar Panel

Secara umum, pasokan energi listrik di Indonesia diperoleh dari PLN. Mulai dari listrik rumah tangga, industri, pabrik, hotel, hingga rumah sakit. Namun, persediaan listrik PLN terbilang terbatas dan mahal untuk kategori penggunaan skala besar dan tempat-tempat terpencil. Maka, diperlukan alternatif energi listrik yang lebih murah dan praktis digunakan, terutama oleh industri skala besar. Salah satunya yaitu solar panel. Tahukah Anda, solar panel tengah gencar dioptimalkan penggunaannya bagi masyarakat oleh Pemerintah? Berikut alasannya.

Hingga saat ini, penggunaan tenaga listrik dari energi solar di dunia terus meningkat. Bahkan, berdasarkan Energy Outlook di Asia, terdapat lima daftar negara yang memasang solar panel secara tinggi, diantaranya Tiongkok, India, Jepang, Thailand, dan Filipina. Sementara, Indonesia yang berada di garis khatulistiwa dengan pasokan energi solar lebih besar justru tidak mengoptimalkannya. Apalagi, pemakaian tenaga surya tidak menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan. Sebab, teknologi ini tidak menghasilkan efek rumah kaca dan tidak mencemari lingkungan. Tidak hanya sebagai pasokan listrik utama, energi listrik dari solar panel bisa dijadikan sebagai energi cadangan ketika aliran listrik padam tiba-tiba.

Nah, bagaimanakah mekanisme kerja dari solar panel? Berdasarkan situs https://sewatama.com/begini-solar-panel-menghasilkan-listrik/, mula-mula cahaya matahari yang ada di lingkungan diserap oleh sel silikon dari panel surya sehingga menyebabkan elektron lepas dan mengalir pada semikonduktor. Aliran elektron tersebut merupakan energi listrik yang kemudian akan dialirkan pada terminal positif dan negatif. Setiap satu sel surya dapat menghasilkan tegangan DC sebesar 0.5-1 volt. Tegangan DC tersebut dapat dikonversi menjadi arus AC melalui inverter. Beberapa sel surya dapat dihubungkan secara seri sehingga energi yang dihasilkan lebih besar. Anda pun bisa memanfaatkannya untuk menyalakan berbagai peralatan elektronik yang digunakan sehari-hari.

Bagi Anda yang tertarik memasang solar panel skala besar, seperti industri, rumah sakit, hotel, dan lain-lain, kami sarankan untuk menggunakan jasa dari PT Sumberdaya Sewatama. Mengapa harus disini? Selain berpengalaman, Sewatama telah banyak bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar dalam hal penyediaan energi listrik dan pemasangan solar panel.

0 komentar:

Post a Comment