Sunday, October 6, 2019

Pengen Punya Bisnis Retail, Ikuti 5 Strategi Berikut Ini

Retail

Tidak bisa dipungkiri sekarang ini bisnis retail menjadi salah satu bisnis yang paling populer dan banyak diminati warga Indonesia. Salah satu alasannya adalah karena bisnis ini bisa menghasilkan keuntungan yang besar namun memang harus punya modal yang cukup untuk memulainya.

Secara harfiah perusahaan ritel disebut juga sebagai pengecer. Bisnis retail adalah sebuah sistem pemasaran produk yang mana transaksi penjualannya langsung ditujukan kekonsumen, istilah lainnya bisa disebut sebagai B2C (Business to Consumen), dalam bisnis ini konsumen sebagai pihak terakhir yang menggunakan produk dan tidak dijual lagi.

Dalam praktiknya, peritel akan membel produk dalam jumlah yang besr dari produsen atau bisa juga disebut distributor, kemudian peritel akan menjualnya lagi dalam bentuk atau jumlah yang kecil atau eceran.

Meski sepertinya mudah, pada kenyataannya banyak pebisnis ini yang masih belum bisa mengelola bisnisnya dengan baik dan benar, apalagi untuk memulai bisnis ini diperlukan modal yang besar.

Untuk itu diperlukan strategi yang baik untuk bisa mengelola bisnis retail ini. Berikut ini beberapa strategi bisnis retail yang bisa meningkatkan keuntungan bisnis ini, seperti:

1. Pilih lokasi yang strategis
Memilih lokasi toko adalah langkah yang paling penting agar dapat sukses mengelola bisnis retail, Sebaiknya Anda sudah melakukan riset terlebih dahulu mengenai lokasi yang memiliki traffic pelanggan yang tinggi. Lokasi yang strategis ini nantinya juga akan memudahkan Anda mencapai target pasar yang diinginkan. 

2. Menyeleksi barang yang hendak Anda jual
Memilih barang untuk dijual di toko Anda dapat menjadi bagian yang paling menyita waktu sekaligus mahal saat Anda hendak memulai bisnis. Meski terdengar sepele, tentunya Anda tak boleh menganggap remeh hal ini. Sebelum memulai, Anda sebaiknya mendatangi beberapa toko lain dan mencari ide dari sana. Dari sana, Anda dapat menentukan kira-kira barang apa yang Anda bisa jual di toko Anda. Perhatikan juga kira-kira barang apa yang cocok dijual di lokasi yang Anda pilih.

3. Miliki karyawan yang antusias dengan bisnis Anda
Dalam mengelola bisnis retail, tak bisa dipungkiri jika Anda harus memiliki karyawan yang siap melayani pelanggan Anda di toko. Untuk itu, penting untuk memiliki karyawan yang antusias dengan jenis bisnis yang Anda jalani. Sederhananya seperti ini, seseorang akan merasa lebih nyaman dan bersemangat jika ia bekerja berdasarkan apa yang mereka sukai. Saat Anda mencari seorang karyawan, tanya mereka mengenai hobi dan hal-hal yang membuat mereka tertarik.

4. Inovasi sesuai Trend Pasar
Untuk bisa tetap bertahan dalam persaingan usaha retail, hal penting yang tak boleh terlewatkan adalah selalu memantau inovasi dan perkembangan trend terkini yang tengah digemari. Kamu perlu menganalisa produk-produk apa yang tengah digemari oleh pelanggan yang belum kamu miliki dan produk dan layanan apa yang dimiliki oleh toko-toko retail lain yang mungkin perlu kamu tambahkan pada produk yang kamu miliki.

Dan, inovasi dalam mengembangkan usaha toko dan warung tidak memiliki batasan. Kamu juga bisa mengikuti trend-trend menarik di luar dunia usaha retail yang mungkin bisa diterapkan sebagai strategi promosi toko retail yang kamu miliki.

5. Stok Opname
Pernahkan kamu mendengar istilah “Stok Opname”? Stok opname merupakan proses menghitung jumlah fisik barang dan stok barang dagangan yang kamu miliki secara berkala dan menyesuaikannya dengan jurnal atau pencatatan yang ada. Melakukan stok opname secara berkala penting untuk memastikan kapan waktu yang paling tepat untuk melakukan pemesanan barang untuk menambah stok fisik dari barang dagangan toko-mu. Hal ini akan membantumu untuk tidak kehabisan stok saat permintaan pelanggan tinggi dan juga menumpuk terlalu banyak stok barang sehingga tak hanya perputaran uang yang lebih efisien, pengaturan gudang toko retail juga jadi lebih efisien.

Itulah 5 strategi untuk bisa bertahan dan membuat bisnis retail berkembang dn mendapatkan laba yang tinggi. Selamat berusaha.

0 komentar:

Post a Comment