Saturday, April 6, 2019

Bau Kaki Pada Sepatu, Basmi Dengan Cara Ini

Bau kaki yang muncul pada sepatu yang tidak sedap memang tidak terjadi begitu saja, ada banyak faktor yang membuat bau kaki pada sepatu mulai dari kondisi tubuh, kebiasaan si pemakai, dan kondisi fisik sepatu itu sendiri.  

Bau Kaki Pada Sepatu

Bau kaki pada sepatu dihasilkan oleh bakteri yang bercampur dengan keringat. Iklim tropis dengan kelembapan udara tinggi seperti di Indonesia membuat lingkungan di dalam sepatu juga cepat berubah menjadi lembap dan hangat. 

Kondisi tersebut menjadi semakin parah jika Anda termasuk orang yang mudah berkeringat, terutama di kaki, dan jika Anda memiliki kebiasaan buruk seputar pemakaian sepatu. Sedangkan kondisi fisik sepatu mencakup bahan dan strukturnya yang menentukan kemudahan sepatu bernapas. Untuk menghilangkan bau kaki di sepatu, keempat faktor tersebut perlu Anda perhatikan.

Apabila bau kaki pada sepatu mulai sangat menggangu, maka beberapa tips berikut wajib kamu praktekkan dirumah.

1. Cuci Sepatu
Hal yang paling mudah untuk dilakukan guna membasmi bau kaki pada sepatu adalah dengan mencucinya. Periksalah panduang sepatu karena beberapa sepatu ada yang bisa dicuci dengan mesin cuci ada juga yang hanya dengan membilasnya dengan air hangat. Setelah dicuci hal yang juga wajib dilakukan adalah mengeringkannya, jangan memakai sepatu anda selagi masih basah kalo tidak mau kaki anda semakin bau.

2. Gunakakan Koran Bekas
Koran bekas juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau kaki pada sepatu. Kalian hanya perlu menyiapkan koran bekas, kemudian bentuklah bulatan dari koran bekas tadi lalu masukan ke dalam sepatu hingga memenuhi seluruh ruang pada bagian dalam sepatu. Bungkus bagian luar sepatu dengan rapat dan rapi menggunakan koran. Terakhir, simpan sepatu yang sudah dibungkus tadi ditempat yang agak dingin selama semalam atau lebih sampai bau pada sepatu tentunya sudah diserap oleh koran pembungkusnya.

3. Ganti Sol Sepatu
Bila sepatu anda sudah terlalu lama, salah satu solusi dari bau kaki pada sepatu adalah dengan mengganti sol. Di pasaran tersedia sol dalam sepatu yang terbuat dari bahan antijamur. Jika produk semacam ini sulit didapatkan, pilih sol dalam berbahan katun. Apa pun yang Anda pilih, ganti sol dalam sepatu secara rutin sendiri di rumah atau memakai jasa tukang sol sepatu.

4. Manfaatkan Teh Celup
Jika anda suka minum teh, jangan langsung buang teh celup yang sudah anda minum tadi. Teh celup terbukti bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau tak sedap pada sepatu. Ada dua cara mudah menggunakan teh celup sebagai penghilang bau, pertama kamu bisa pakai teh yang sudah dipakai, kedua dengan memakai teh celup yang masih baru. Untuk memakai teh yang sudah diseduh sebelum dimasukkan ke dalam sepatu, tentu harus dikeringkan terlebih dahulu, lalu ditaruh pada ujung sepatu, dan jangan lupa sebelum dimasukkan pakai alas pada sepatu, agar teh tidak langsung mengenai sepatu.

5. Manfaatkan Kulit Jeruk
Buah jeruk memiliki wangi dan aroma yang segar karena minyak esensialnya. Jadi akan cocok apabila kamu gunakan sebagai pengharum sepatu. Caranya mudah, tinggal masukan kulit buah jeruk, seperti lemon dan jeruk nipis yang masih segar ke dalam sepatu. Lalu tinggalkan semalaman di dalam sepatu. Keesokan harinya sepatumu akan menjadi lebih wangi.

Diera sekarang ini sepatu bukan lagi sebagai alas kaki, namun sudah menjadi tren fashion. Bagi yang sudah pengalaman merawat sepatu mungkin hal yang biasa, namun bagi sebagin lain masih banyak yang lupa bahwa sepatu juga perlu dirawat agar tetap wangi dan bersih. Jangan karena hal kecil seperti tidak merawat sepatu malah jadi dijauhi teman gara-gara bau kaki yang tidak sedap. Jadi mulai sekarang rajin-rajinlah cuci sepatumu!

0 komentar:

Post a Comment