Monday, January 28, 2019

Tips Mengajak Anak Bermain sambil Belajar


Bermain Sambil Belajar

Tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh banyak faktor. Hal yang paling utama dengan memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Bukan berarti setelah terpenuhi Anda cukup melihat pertumbuhan dan perkembangan anak tanpa melakukan stimulasi yang dapat mendorongnya. Terlebih ketika anak telah memasuki usia sekolah. Anda perlu membuat anak bergairah dalam belajar. Salah satunya dengan mengajak anak bermain sambil belajar.

Cara ini akan membantu untuk menstimulasi perkembangan otak anak dalam berpikir. Anda bisa menerapkan cara berikut ini untuk mengajak anak bermain sambil belajar. Lakukan dengan perlahan tanpa memaksa anak Anda.

1.      Sambil Wisata
Cara yang dapat Anda terapkan untuk mengajak anak belajar dapat dilakukan sambil berwisata. Tempat wisata yang dapat dijadikan tujuan adalah kebun binatang. Di kebun binatang tidak hanya bersenang-senang karena Anda bisa mengajak anak belajar mengenal nama-nama hewan yang ada di kebun binatang.

Ini bisa dilakukan untuk anak Anda yang sudah duduk di TK. Rasa ingin tahu anak yang tinggi akan membuatnya menanyakan hal lain tentang binatang tersebut, selain namanya. Anda bisa juga mengajak anak berhitung dengan menjadikan binatang sebagai objek yang dihitung. Ini merupakan cara yang tidak akan membuat anak merasa bosan. Cara ini bisa Anda lakukan di akhir pekan sambil menghabiskan waktu bersama anak-anak. 

2.      Gunakan Gambar
Anak-anak cenderung tertarik dengan gambar dan warna. Ini dapat Anda jadikan cara untuk mengajak anak belajar dengan mudah. Misalnya dengan menunjukkan gambar-gambar benda dan membuat anak menyebutkan satu demi satu gambar tersebut. Ini sangat bermanfaat untuk membuat anak mengenali jenis-jenis benda.

Anda dapat pula menjadikan gambar sebagai objek untuk diwarnai oleh anak. Mewarnai akan membuat anak merasa bahagia dan lebih mudah buat Anda untuk mengarahkannya belajar. Anda bisa menyelipkan hitung-hitungan dari gambar yang diwarnai. Misalnya dengan menggambar apel yang disertai dengan bilangan tambah. Sambil menemaninya mewarnai Anda bisa mengajaknya berhitung. Ini juga bisa dilakukan dengan mudah menggunakan buku mewarnai yang tersedia di banyak toko buku.

Secara bertahap, Anda bisa meminta anak untuk menggambar sebuah benda. Perlu diketahui bahwa membuat sebuah gambar akan menstimulasi imajinasi anak. Hal ini tentu saja bermanfaat agar anak memiliki kemampuan berbicara dengan baik, sekaligus menjadi stimulasi otaknya agar menjadi lebih cerdas.

3.      Berceritalah
Cara berikutnya yang dapat Anda lakukan untuk mengajak anak bermain sambil belajar adalah dengan bercerita. Anak-anak cenderung suka mendengar cerita dongeng atau pun jenaka. Anda tinggal memilih cerita yang menarik dan menyampaikannya dengan intonasi yang membuat anak fokus mendengarkannya.

Ini menjadi cara untuk anak belajar berkonsentrasi. Libatkan anak di setiap cerita Anda dengan menanyakan kembali atau pun mengajaknya berhitung. Anda bisa melakukannya secara perlahan-lahan. Pilih waktu yang tepat untuk melakukan hal ini yaitu di malam hari atau pun saat siang hari.

4.      Aplikasi Cerdas
Teknologi hari ini telah berkembang pesat. Anda sebagai ibu yang cerdas tentu bisa menggunakan smartphone untuk mengajak anak belajar sambil bermain. Caranya cukup mudah, tinggal memilih aplikasi permainan khusus anak-anak yang di dalamnya ada materi pembelajaran.

Bimbing anak untuk melakukan permainan ini dengan cara mengenalkan terlebih dahulu mainan tersebut. Setelah anak mengetahui cara-cara memainkannya Anda bisa memberikannya waktu untuk bermain sendiri. Sebelum itu cek terlebih dahulu aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan belajar anak atau tidak. Cara ini bisa diterapkan untuk Anda yang anaknya telah berusia di atas 7 tahun.

Apa pun cara bermain sambil belajar yang Anda pilih, tetap sesuaikanlah dengan kemampuan anak. Lakukan dengan cara yang bergantian agar anak tidak merasa bosan. Jangan paksa anak untuk belajar, karena cara ini menunjukkan kepada anak bahwa belajar itu menyenangkan. 

0 komentar:

Post a Comment