Monday, January 14, 2019

Resep MPASI Perdana Mudah untuk Bayi Usia 6 Bulan


Resep MPASI


Mencari referensi resep MPASI wajib dilakukan oleh para ibu yang memiliki bayi berusia 6 bulan. Bisa dibilang mudah dan juga sulit. Mudah, karena bayi pasti harus diberikan makanan yang lembek. Namun sulit juga untuk menentukan mana menu MPASI yang tepat, karena pencernaan bayi yang masih sensitif.

Bagaimana tidak, di usia 6 bulan, usus bayi harus beradaptasi dengan makanan.  Usus  bayi sebelumnya hanya mengenal makanan berupa susu saja, yakni ASI atau Air Susu Ibu. Di usia 6 bulan, bayi harus sudah diperkenalkan dengan makanan. Di mana makanan yang dikonsumsi bukan makanan seperti yang dimakan orang dewasa, melainkan harus makanan yang benar-benar halus.

Selain itu, tidak semua bahan makanan bisa diberikan kepada bayi. Sayur dan buah adalah dua macam makanan yang harus diperkenalkan kepada bayi. Cara membedakannya harus kita haluskan terlebih dahulu hingga lumat.

Cara membuat resep MPASI yang lembek untuk bayi 6 bulan, sebagai pengenalan makanan, ini tidak harus dengan cara diblender. Kita bisa mengolahnya dengan cara mencincang lalu memasaknya hingga masak. Yang terpenting adalah bayi bisa menelannya.

2 Contoh Resep MPASI, Sebagai Makanan Pengenalan

Untuk bayi usia 6 bulan, kita harus memperhatikan bahan makanan yang diberikan. Pastikan memberikan makanan yang bisa dilembutkan agar mudah ditelan serta mudah dicerna oleh usus bayi. Pemberian resep MPASI untuk bayi 6 bulan ini adalah penentuan kelancaran pemberian MPASI selanjutnya.

Kalau sembarangan dalam menyiapkannya, maka akan berakibat buruk bagi pencernaan bayi. Ibu bisa melihat dari feses bayi, ekspresi bayi, perubahan tingkah bayi, perubahan kesehatan bayi, dan beberapa tanda-tanda yang lainnya.

Berikut adalah 2 contoh resep MPASI untuk bayi 6 bulan yang bisa kita praktikkan :

  1. Buah pisang
Ini adalah salah satu makanan yang tepat untuk bayi di awal fase pengenalan makanan. Tidak perlu diolah, karena kita bisa langsung menyuapkannya kepada bayi. Caranya adalah dengan mengerok pisang dengan sendok kecil.

Resep ini adalah resep yang paling mudah memang, tetapi banyak orang yang belum paham. Kebanyakan para ibu malah memblender pisang. Alhasil, bubur pisang menjadi terlalu lembek. Rasa pisang menjadi lebih menyengat. Vitamin pada pisang pun bisa saja berkurang karena penambahan air saat diblender.

  1. Bubur Sumsum dari kacang hijau
Kalau berbicara soal kacang hijau, maka kudapan yang sangat familiar adalah bubur kacang hijau. Hasilnya adalah bubur kacang hijau yang masih berbentuk kacang hijau namun lebih empuk. Ini tidak cocok untuk bayi. Sebaiknya bayi diberikan dalam bentuk bubur sumsum.

Cara memasak bubur sumsum kacang hijau adalah :
Bahan :
       tepung beras sebanyak 1½ sendok makan
       Kacang hijau 1 sendok makan
       Santan ⅓ gelas
       Daun bayam secukupnya.
Cara membuat :
1.      Merebus kacang hijau sampai empuk. Kalaupun masih setengah empuk lebih baik, karena kandungannya tidak akan hilang. Sesuai dengan selera, namun dianjurkan setengah matang, karena nantinya akan direbus dan  diblender.
2.      Sementara itu, potong-potong daun bayam dengan halus. Seperti membuat potongan bawang goreng. Tujuannya adalah untuk mempermudah bayi menelan.
3.      Setelah keduanya siap (kacang hijau rebus dan potongan bayam), kemudian campurkan keduanya di dalam panci untuk direbus.
4.      Setelah matang, tiriskan dan kemudian blender sampai halus.
5.      Campur tepung beras, santan, dan air lalu masak sampai matang. Jangan masak dengan api yang terlalu besar.
6.      Setelah matang, lalu masukkan ke dalam hasil blenderan kacang hijau dan bayam tadi. Tunggu dingin dan suapkan kepada bayi.

Kandungan dari kacang hijau, bayam, dan pisang sangatlah penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Di mana kebutuhan zat besi diperoleh dari bayam, protein dari kacang hijau, dan vitamin dari pisang.

Tidak perlu ribet untuk membuat resep MPASI bayi 6 bulan. Pilih makanan yang sederhana, terdiri dari buah sayur dan lembutkan. Latih pencernaan bayi dengan makanan lumat terlebih dahulu. Berikan dengan porsi kecil.

0 komentar:

Post a Comment