Monday, January 14, 2019

Mengenal VGA Lebih Dalam

Kabel VGA

Kabel VGA atau Video Graphics Array merupakan jenis kabel koneksi standar yang berfungsi untuk mengirim video dari komputer menuju ke proyektor atau monitor. Biasanya VGA diartikan sebagai jenis kabel, port, dan konektor yang biasanya digunakan untuk menghubungkan monitor ke kartu grafis. Meskipun masih banyak pengguna komputer yang menggunakan Kabel VGA, namun semakin lama jenis konektor ini digantikan dengan DVI dan HDMI yang lebih mutakhir. Perusahaan yang biasanya menghasilkan kartu VGA adalah ATI dan nVidia.

VGA memiliki prosesor tersendiri yang disebut Graphics Processing Unit (GPU). Karena sifatnya yang fleksibel, monitor yang bisa menggunakan konektor jenis VGA bisa digunakan oleh komputer lain. Jenis VGA yang sering digunakan adalah super VGA (SVGA). Konektor jenis ini memungkinkan penggunaan resolusi yang lebih besar dari 640 x 480, seperti 800 x 600 atau 1024 x 768. 

Sambungan VGA mempunyai 15 pin dan berbentuk trapesium. Kartu grafis yang terdapat pada komputer akan menampilkan rakitan dari komputer ke monitor atau projektor. Salah satu kelemahan dari sistem ini adalah akan terjadi error jika aplikasi yang digunakan membutuhkan resolusi yang melebihi resolusi yang disediakan. Walaupun begitu, masih banyak produsen software maupun hardware yang mendukung sistem VGA karena masih banyak digunakan.

VGA sendiri digunakan sebagai menampilkan gambar pada layar monitor. Sekarang ini kebanyakan komputer mempunyai kartu VGA yang telah dirakit pada motherboard. Fungsi VGA Card tambahan yang spesifikasinya tinggi tidak dibutuhkan jika tugas yang akan dikerjakan pada komputer Anda tidak terlalu berat, contohnya mengetik maupun browsing. Fungsi VGA lain seperti:

1. Menerjemahkan output dari komputer ke display monitor.
2. Menyimpan data pada hardisk
3. Memberikan data ke prosesor pada motherboard untuk diproses
4. Melakukan tugas yang membutuhkan kemampuan grafis tinggi seperti desain grafis dan bermain game
5. Menampilkan gambar dengan kualitas dan resolusi yang bagus

VGA Card dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan tipenya, bentuk fisik, dan memorinya. Berdasarkan bentuk fisiknya bisa dibedakan menjadi 2, yaitu VGA built-in dan VGA Add-on. Berdasarkan pada jenis RAM bisa dibedakan menjadi 5, yaitu Dynamic RAM, EDO RAM, VRAM, SGRAM, dan Rambus.

Perbedaannya antara kelima jenis VGA Card ini adalah besar kecepatan dan penggunaannya seperti Rambus yang digunakan pada console, SGRAM yang digunakan pada komputer high-end, VRAM untuk desain dan Gaming, EDO RAM untuk komputer 64-bit, dan DRAM yang digunakan pada komputer jadul dengan 8 hingga 32 bit.

Banyak sekali pengguna yang menginginkan performa yang baik dari komputernya yang menyalahkan prosesor maupun ram dalam masalah lag. Ini tidak benar karena sebagian besar masalah game yang mengalami lag berada pada kartu VGA yang tidak kuat memproses output grafis yang dibutuhkan. Kartu VGA yang berspesifikasi tinggi merupakan keharusan jika Anda ingin merender grafis 3D.

Kabel VGA merupakan gadget yang biasanya digunakan untuk mentransfer sinyal video. Kabel ini digunakan jika ingin menampilkan gambar ke sebuah monitor, layar televisi, maupun projektor. Kabel VGA mempunyai dua jenis yaitu konektor positif dan negatif. Kabel ini terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi dan memiliki garansi tanpa syarat. Konektor yang berada di ujung kabel VGA mempunyai 15 pin dengan bentuk trapezoid. Kabel ini sering digunakan pada perangkat elektronik seperti laptop, televisi, monitor, kartu video, dan perangkat lain. 

Demikian informasi tentang VGA kali ini, semoga bermanfaat untuk Anda yang belum mengetahui sebelumnya.

0 komentar:

Post a Comment