Friday, December 14, 2018

Tips Perawatan Luka Secara Tepat


Merawat Luka
Berbagai kecelakaan kecil berupa luka akibat tersayat pisay, luka terjatuh, dan yang lainnya sering kali terjadi disekitar kita. Dari orang dewasa sampai anak kecil pun juga mengalaminya, dari  itu penting diketahui bagaimana melakukan perawatan sebagai pertolongan luka pertama. Ini karena banyak orang yang menganggap luka tidak perlu dilakukan perawatan atau dibiarkan saja sampai sembuh sendiri. Padahal jika dibiarkan tetap saja bisa beresiko terkena bakteri dari kotoran yang menempel yang akibatnya bisa lebih buruk.

Sebagai tips yang tepat untuk mengatasi masalah luka, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Tips tepat yang dilakukan bisa membuat luka cepat sembuh dan tidak terjadi infeksi yang ditakutkan. Lalu sebagai tips merawat luka berikut ini diantaranya.

1.    Pastikan anda melakukannya dengan tenang dan jangan terburu-buru, terlebih untuk luka yang dialami orang lain. Saat melakukan perawatan perhatikan akan keadaan sekitar jika ada yang membahayakan diri atau orang yang mengalami luka.
2.    Memperhatikan luka yang dialami jika tidak terlalu parah anda bisa menangani sendiri, sedangkan jika tidak yakin atau kurang bisa menangani sebaiknya minta bantuan orang lain untuk memanggil bantuan dari medis. Akan tetapi untuk jenis perawatan luka melakukan perawatan sendiri biasanya lebih mudah.
3.    Sebelum melakukan perawatan luka, cuci tangan terlebih dahulu secara bersih untuk mengurangi resiko luka yang terkena infeksi dari kotoran yang menempel pada tangan. Selain itu juga untuk melindungi sendiri dari kemungkinan lain yang mungkin terjadi.
4.    Saat membersihkan luka lakukan dengan hati-hati dan pastikan dibersihkan sampai semua kotoran yang menempel seperti pasir atau yang lainnya hilang. Untuk membersihkannya bisa gunakan cairan antiseptik sehingga lebih bersih dan bebas infeksi.
5.    Anda bisa menggunakan plester Hansaplast untuk menutup luka sebagai balutan yang rapi dan mudah dilakukan. Selain itu dengan Hansaplast juga lebih memudahkan untuk menjadikan luka cepat kering dan terlindung dari kotoran yang bisa saja menempel. Untuk mendapatkan Hansaplast juga mudah karena bisa didapatkan di warung atau toko-toko terdekat.

0 komentar:

Post a Comment