Monday, December 31, 2018

Kaldu Sapi Lemonilo Alami Yang Lebih Sehat

 KALDU SAPI

Hati-Hati Dengan Dampak Penggunaan MSG Yang Berlebihan - Monosodium Glutamate atau yang lebih sering disingkat dengan MSG sudah digunakan sejak dulu, terutama di asia, tepatnya tiongkok. Biasanya digunakan pada makanan agar makanan menjadi lebih gurih dan nikmat, di jaman sekarang msg digunakan pada berbagai macam makanan, selain itu msg juga sering dijumpai pada penyedap rasa seperti kaldu ayam, kaldu sapi, dan lain-lain.

Di dalam MSG terdapat zat yang disebut dengan molekul sodium yang dikombinasikan dengan asam glutamat, yang berfungsi sebagai penyedap rasa disini adalah asam glutamat, sementara molekul sodiumnya bertindak agar glutamat tetap stabil.

Para Ilmuwan menyebut glutamat ini dengan sebutan umami, yang merupakan sebutan dari rasa yang kelima, selain empat yang kita kenal, seperti asam, pahit, manis, dan asin. Pada dasarnya glutamat sendiri sama sekali tidak memiliki rasa, namun memiliki fungsi untuk menajamkan rasa yang ada.

Pada dasarnya, konsumsi msg dalam jumlah kecil sangat aman, bahkan WHO mengkategorikan msg sebagai bahan makanan yang dianggap aman untuk di konsumsi, asalkan dalam jumlah sedikit.

Tapi rupanya penggunaan msg yang terlalu banyak juga dapat menimbulkan dampak yang bisa dikatakan fatal bagi tubuh kita. Padahal seperti yang kita ketahui, sekarang ini hampir semua jajanan di luar terutama fast food mengandung msg, bayangkan jika setiap hari kita jajan diluar, otomatis jumlah msg yang masuk ke tubuh juga banyak.

Dampak msg ini hanya akan lebih terasa bagi orang yang memiliki alergi terhadapnya, dan perlu diketahui jika sensitivitas alergi msg bagi masing-masing orang berbeda, selain itu konsumsi msg dalam jangka panjang terbukti menyebabkan obesitas dan tekanan darah tinggi, walaupun tidak memiliki gejala alergi terhadap msg.

Selain itu ada beberapa dampak penggunaan msg secara berlebihan antara lain :

nyeri dada
mual
tubuh menjadi lemas
kulit menjadi merah
mati rasa
berkeringat
nyeri dada
obesitas
asma
kerusakan sel syaraf
sakit kepala
hipertensi
kerusakan ginjal
depresi
sakit kepala, dll

Jika Anda mengalami beberapa gejala seperti di atas sebaiknya kurangilah mengonsumsi makanan yang mengandung msg, entah itu msg yang terdapat di dalam makanan ataupun pada makanan cepat saji.

Solusi Kaldu Sapi Sehat

Atau solusi lainnya buatlah makanan sendiri dirumah menggunakan penyedap rasa yang tidak mengandung msg, ada ? ada, diantaranya adalah kaldu sapi yang dijual dari lemonilo.com, kaldu sapi lemonilo dibuat dari bahan alami sehingga lebih menyehatkan dan harganyapun juga terjangkau hanya Rp. 20 ribuan saja.

Kaldu sapi lemonilo selain dibuat dari bahan alami, juga bebas dari bahan pengawet, pewarna buatan, perasa buatan, dan tentunya tidak mengandung msg, tapi masih tetap bisa digunakan sebagai penyedap rasa. Kaldu sapi lemonilo bisa digunakan pada berbagai macam masakan seperti gulai, sup, bakso ataupun berbagai macam hidangan khas indonesia lainnya.

Selain itu menggunakan penyedap alami dari lemonilo tidak akan merusak gizi makanan, berbeda dengan penyedap buatan yang secara otomtis akan mengurangi dan bahkan merusak gizi makanan, jadi walaupun mungkin kita tidak mengalami reaksi alergi ketika bersentuhan dengan makanan yang mengandung msg, gizi yang didapatkan juga akan berkurang dari gizi sebenarnya.

Tidak ada salahnya mulai sekarang membiasakan hidup sehat, sebab yang namanya penyakit terkadang tidak ketahuan, terutama pada jaman sekarang, tiba-tiba sakit tanpa ada sebab, yang padahal penyakit tersebut sudah lama menumpuk dalam jumlah kecil sejak lama.

0 komentar:

Post a Comment