Thursday, September 13, 2018

Begini Cara Cerdas Shoping Online agar Tidak Tertipu


Aplikasi Blibli

Shoping online sangat mudah untuk dilakukan saat ini. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, belanja online menjadi sangat mudah untuk dilakukan. Apalagi sekarang koneksi internet semakin lancar dan membuat aktivitas belanja online menjadi semakin mudah serta cepat.

Sebagai manusia yang hidup di jaman penuh dengan teknologi canggih dimana-mana, kita tentu harus bisa memanfaatkan situasi ini. Fasilitas belanja online sangat memudahkan kamu untuk belanja tanpa harus keluar dari rumah dan pergi ke banyak toko. Belum lagi kalau ada program-program promo menarik yang memungkinkan kamu untuk belanja dengan biaya yang murah meriah.

Meskipun ada banyak sekali keuntungan belanja online, tapi perlu diketahui bahwa ada juga resiko yang perlu ditanggung. Saat ini masih banyak kasus penipuan di dunia jual beli online. Karena pembeli dan penjual memang tidak bertemu secara langsung maka aktivitas ini sangat beresiko. Tapi tenang, kamu tetap bisa belanja online dengan nyaman tanpa takut mengalami penipuan.

Cara Aman Belanja Online
Shoping online memang menyenangkan dan bisa membuat kita ketagihan untuk belanja lagi. Tapi, jangan sampai terlena karena tetap ada resiko penipuan yang harus kamu waspadai. Supaya kamu terhindari dari berbagai tindak penipuan di dunia jual beli online, inilah dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan :

1.    Cek Track Record Toko Online
Kamu harus mencari tahu bagaimana track record sebuah toko online sebelum kamu memutuskan untuk membeli. Pastikan toko online yang kamu pilih memiliki catatan yang bagus. Maksudnya, toko online yang kamu pilih haruslah memiliki banyak peminat dan semua konsumen merasa puas dengan kualitas produk yang dijual oleh sebuah toko online.

2.    Testimoni Pelanggan
Kamu bisa mencari tahu bagaimana testimoni pelanggan dari sebuah toko online. Jika kamu membeli dari sebuah marketplace maka biasanya ada kolom komentar untuk setiap produk dan toko online. Sebelum membeli, pastikan kamu membaca komentar konsumen yang pernah belanja di toko tersebut. Dengan begitu, kamu bisa yakin bahwa toko online tersebut terpercaya.

3.    Cek Nomor Rekening
Ketika kamu sudah memesan barang dan mendapatkan nomor rekening untuk pembayaran, maka kamu disarankan untuk tidak langsung melakukan transfer. Pastikan kamu cek dulu apakah nomor rekening tersebut berstatus aman atau tidak. Ini dilakukan agar kamu tidak terjebak penipuan dan terlanjur mentransfer uang ke orang yang salah.

Pengecekan nomor rekening bisa kamu lakukan dengan mudah lewat fasilitas yang diberikan kominfo. Kamu bisa memeriksa status nomor rekening di cekrekening.id. Di sini, kamu bisa memasukkan nomor rekening kemudian memeriksa status nomor rekening tersebut. Kamu bisa melihat jika ada catatan penipuan yang dilakukan oleh sebuah nomor rekening.

4.    Aktif Bertanya
Jangan langsung yakin untuk membeli produk tanpa bertanya kepada penjual. Tanyakan detail informasi produk kepada penjual. Carilah informasi sedetail mungkin sehingga kamu yakin kalau toko tersebut benar-benar menjual produk yang asli dan berkualitas.

5.    Bandingkan Harga
Untuk melihat apakah sebuah produk asli atau tidak dan memastikan apakah kamu ditipu atau tidak, kamu bisa membandingkan harga dari satu toko ke toko lain. Belilah produk di toko online yang menetapkan harga tidak terlalu tinggi maupun tidak terlalu rendah, sama seperti harga yang rata-rata diterapkan toko online lainnya.

Untuk memastikan kamu aman berbelanja online, kamu juga bisa memilih untuk belanja di marketplace. Salah satu marketplace terpercaya yang bisa kamu pilih adalah di aplikasi Blibli.com. Di sini ada banyak sekali penawaran produk dengan harga yang sangat bersahabat. Segera unduh aplikasi ini untuk menikmati kemudahan shoping online.

0 comments:

Post a Comment