Tuesday, September 11, 2018

5 Ciri Khusus Penyempitan Tulang Belakang yang Riskan



Tulang Belakang


Dalam ilmu medis, penyempitan tulang belakang ini dikenal dengan istilah spinal stenosis. Dr. Wong Chung Chek mengatakan, bahwa manusia yang usianya lebih dari 50 tahun punya risiko terbesar alami penyakit ini. Penyebab lainnya adalah faktor keturunan, terjadi kelainan, serta rusaknya tulang belakang. Sebelum kronis, kenali ciri-ciri khasnya dulu.

1. Terasa Nyeri pada Bahu, Pinggul, serta Leher
Jika Anda merasakan nyeri pada leher, pinggul, serta bahu dalam interval waktu yang kurang lebih berdekatan, ada baiknya untuk konsultasi ke dokter spesialis. Pasalnya, kalau di dibiarkan, bisa cukup mengganggu aktivitas. Terutama aktivitas yang sering menghabiskan waktu untuk duduk, nungging, atau membawa barang-barang berat.

2. Kandung Kemih dan Usus Mengalami Gangguan
Bukan hanya pada bagian atas saja. Penyempitan tulang belakang berdampak serius terhadap fungsi usus serta kandung kemih. Padahal, dalam proses pencernaan hingga selesai amat membutuhkan kinerja usus. Apabila tidak lancar, bisa menyebabkan masalah serius pada perut hingga saluran pembuangan (anus).

3. Berat Menggerakkan Kaki
Seiring penyempitan tulang ini bertambah, maka kaki pun terasa berat saat digerakkan. Kalau dianggap biasa, mungkin saja bisa memicu kelelahan yang sangat. Kemudian akan muncul gejala baru seperti hilangnya keseimbangan, meskipun hanya beberapa saat. Hal-hal seperti ini wajib mendapatkan arahan langsung dari dokter spesialis seperti Dr. Wong Chung Chek.

4. Terjadi Kesemutan di Beberapa Bagian Tubuh
Kalau ditinjau dari kecenderungannya, ciri ini akan terasa pada telapak tangan. Ketika terjadi kesemutan di area itu, buru-buru diluruskan. Biar mati rasa yang timbul akibat intensitas kesemutan tersebut bisa hilang. Cara lainnya dengan cara menghentikan aktivitas dalam beberapa waktu. Ciri ini juga terjadi di beberapa bagian lain.

Misalnya pada bagian kaki, telapak kaki, serta lengan. Untuk kesemutan di kaki, biasanya terjadi karena peredaran yang tidak lancar. Meskipun masalah hanya terjadi pada tulang belakang, tetapi bisa menimbulkan banyak hal serius di tempat lain. Untuk jaga-jaga, segeralah konsultasi kesehatan kepada dokter spesialis tulang belakang.

5. Terasa Kram pada Kaki dan Punggung
Munculnya kram acapkali mengejutkan siapa pun. Pada bagian kaki, ciri ini muncul akibat terlalu seringnya beraktivitas seperti bersepeda, berdiri, berlari, serta berjalan. Adapun kalau kram pada punggung itu dikarenakan terlalu sering melakukan aktivitas berat. Misalnya membawa barang berat dan membungkuk.

Pentingnya Konsultasi pada Dokter Spesialis
Penyempitan tulang belakang bukanlah hal yang sepele. Jika dibiarkan, bisa berdampak lebih serius lagi seperti lumpuhnya beberapa anggota badan. Untuk itu, segera konsultasikan ke Dokter Wong Chung Chek. Beliau sudah dikenal luas sebagai konsultan di bidang ortopedi atau tulang belakang.

Dokter spesialis tulang belakang asal Malaysia ini juga dikenal sebagai pendiri sekaligus instruktur di Kuching Operative Spine Courses. Reputasinya sudah teruji lewat kiprahnya yang dibangun sejak tahun 2000 silam. Sepintas, ciri khusus dari penyempitan tulang belakang terlihat normal, bukan? Coba Anda periksa dulu. Apa memang normal atau tidak.

0 comments:

Post a Comment