Monday, August 13, 2018

Waktu yang Tepat Memberikan Madu Anak

Madu anak sangat baik diberikan kepada anak karena memiliki beragam manfaat. Banyak orang tua yang sudah memahami bahwa madu sangat penting bagi kesehatan anak. Karena itulah banyak orang tua yang memilih memberikan madu kepada anak sebagai suplemen harian pendamping makanan sehat yang dikonsumsi oleh anak.

Konsumsi madu secara rutin bisa memberikan beragam manfaat bagi anak. Madu bisa membantu meningkatkan sistem pertahanan tubuh dan meningkatkan nafsu makan anak. Selain itu madu juga memiliki segudang manfaat seperti menjaga kesehatan kulit serta melancarkan pencernaan. Namun, pemberian madu juga tetap harus dilakukan dengan hati-hati dan sesuai aturan. 



Salah satu aturan yang harus diperhatikan adalah aturan seputar usia anak. Pemberian madu harus memperhatikan usia anak karena jika tidak sesuai dengan usia maka manfaat yang ada pada madu tidak bisa didapat justru malah bisa membahayakan kesehatan anak. Kali ini kita akan membahas sebenarnya pada usia berapa anak bisa mengonsumsi madu secara rutin.

Usia Anak yang Tepat
Pemberian madu anak disarankan dilakukan ketika usia anak sudah lebih dari 1 tahun. Pada anak usia kurang dari 1 tahun, pemberian madu justru bisa berbahaya bagi kesehatan. Hal ini seringkali tidak diketahui oleh orang tua sehingga mereka asal memberikan madu padahal anak masih belum menginjak usia 1 tahun.

Mengapa madu tidak disarankan untuk anak usia 1 tahun? Hal ini disebabkan oleh adanya kemungkinan penyakit yang mungkin terjadi karena anak dengan usia di bawah 1 tahun mengonsumsi madu. Penyakit yang bisa terjadi karena konsumsi madu ini adalah Infant Botulisme.

Tentang Infant Botulisme
Infant botulisme pada dasarnya memiliki kemungkinan kecil terjadi namun sangat patut untuk diwaspadai. Infant botulisme bisa menimbulkan terjadinya paralisis otot atau kelumpuhan otot termasuk otot pernapasan. Hal ini tentu sangat berbahaya karena bisa menyebabkan gangguan pernapasan pada anak dan bisa berakibat fatal yaitu kematian.

Bagaimana bisa madu menyebabkan penyakit infant botulisme? Infant botulisme bisa terjadi karena adanya infeksi dari spora Clostridium botulinum. Spora ini biasa ditemukan pada makanan yang terkontaminasi seperti makanan kaleng atau pada jenis makanan yang sudah kadaluwarsa. Lalu apa hubungannya dengan madu?

Madu juga merupakan salah satu jenis makanan yang bisa menjadi media bagi spora Clostridium botulinum untuk bertumbuh. Bagi anak yang masih berusia di bawah 1 tahun, tubuh belum memiliki intensitas asam yang bisa menangkal racun dari bakteri ini. Sedangkan pada anak 1 tahun ke atas dan orang dewasa, sistem tubuh sudah memiliki pertahanan untuk menangkal bakteri ini.

Itulah kenapa, madu anak yang diberikan kepada anak di bawah usia 1 tahun bisa berbahaya bagi kondisi anak itu sendiri. Sangat dianjurkan untuk menunda pemberian madu hingga anak sudah menginjak usia 1 tahun.

0 comments:

Post a Comment