Thursday, March 15, 2018

Tips Aman Menghadapi Gempa Bumi Ketika Sedang Traveling


Asuransi Perjalanan

Rencana traveling tentu membuat kita merasa gembira. Kita pun pasti akan menyiapkan berbagai barang bawaan dan hal penting lainnya, termasuk asuransi perjalanan. Kepemilikan asuransi perjalanan memang penting untuk memproteksi diri kita dari hal-hal yang tidak diinginkan. Termasuk untuk urusan risiko kecelakaan akibat gempa bumi. 

Kini, banyak asuransi perjalanan berkualitas yang bisa kita pilih di Futuready. Karena Futuready merupakan supermarket asuransi online dengan beragam pilihan asuransi perjalanan sesuai kebutuhan. Kendati demikian, kita tetap harus sigap ketika menghadapi gempa bumi di tempat traveling. Lakukan beberapa hal penting ini agar kondisi kita tetap aman dan terhindar dari risiko cidera : 

Berkumpul di Tempat Terbuka
Ketika gempa, gedung-gedung tinggi berisiko roboh akibat guncangan yang terlalu kencang. Jadi, alangkah lebih baik bila kita berkumpul di tempat terbuka seperti lapangan. Hal sederhana ini bisa meminimalkan cidera akibat terkena reruntuhan gedung. Proses evakuasi pun bisa dilakukan secara mudah bila kita berada di tempat terbuka. 

Jangan Melanjutkan Perjalanan dengan Kendaraan
Berada di kendaraan saat gempa bumi terjadi juga sangat berisiko bagi keselamatan kita. Solusinya, lebih baik kita segera turun dari kendaraan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Kita bisa pergi ke tempat terbuka untuk sementara waktu hingga gempa reda dan situasi benar-benar aman. 

Berlindung di Bawah Meja
Jika kita sedang ada di dalam gedung dan kondisi gempa bumi membuat kita kesulitan melarikan diri, sebaiknya kita berlindung di bawah meja. Pastikan bahwa semua bagian tubuh kita sudah terlindungi meja. Sehingga risiko tertimpa reruntuhan gedung dan barang-barang jatuh pun dapat diminimalkan. Ketika situasi sudah mulai aman dan gempa selesai, kita harus segera menyelamatkan diri ke luar ruangan. 

Segera Menjauhi Pantai
Pusat gempa bumi yang berada di dasar laut kadang kala menimbulkan potensi tsunami. Oleh sebab itu, sebaiknya kita lekas menjauhi pantai sewaktu gempa bumi mulai terjadi. Pergilah ke tempat yang lebih tinggi untuk mengantisipasi risiko tsunami yang tiba-tiba bisa menerjang.

Bila kita tidak panik menghadapi gempa bumi, kita pun memiliki kesempatan besar untuk menyelamatkan diri. Kepemilikan asuransi perjalanan memang harus disertai dengan kesigapan diri sendiri selama traveling. Tenangkan diri dan hadapi bencana alam dengan kondisi siaga.

0 comments:

Post a Comment