Wednesday, February 21, 2018

Buntut Sapi Dengan Tekstur Empuk Dan Lebih Rendah Lemak Untuk Sop Buntut Yang Spesial

Bagian dari sapi yang dapat disajikan menjadi hidangan yang lezat bukan hanya bagian dagingnya saja. Akan tetapi bagian ekornya, alias buntut pun tidak kalah lezat jika sudah diolah menjadi sajian berbumbu khas seperti sop. Nah, pasti sebagian besar dari kita sudah tak asing lagi dengan Sop Buntut bukan? Kreasi resep sop buntut sapi bisa dicoba untuk dibuat sendiri di rumah dengan langkah-langkah yang tidak terlalu ribet. Hanya saja memang perlu waktu yang lumayan untuk menyajikannya. Hal ini tak lain dikarenakan perlunya waktu untuk mendidihkan buntut sapi agar empuk dengan sempurna dan bisa membuat sop buntut pun bercita rasa lezat. 


Tak dapat dipungkiri kalau memang kelezatan sop buntut sapi tidaklah lepas dari karena tekstur buntut sapi yang empuk dengan sempurna. Oleh sebab itulah perlu teknik yang tepat dalam mengaplikasikannya agar buntut sapi matang dengan baik dan pastinya agar kreasi resep sop buntut sapi dapat tersaji dengan spesial. Hal yang kiranya bisa diperhatikan dulu adalah memilih buntut sapinya. Terlebih dahulu kita perlu tahu dulu bagian-bagian dari buntut sapi, dimana dari setiap bagiannya punya karakteristik yang berbeda. Bagian ujung buntut lebih kecil dan semakin ke pangkal, potongannya ekornya semakin besar. Untuk membuat sop buntut, bagian buntut sapi yang lebih baik dipilih adalah yang bagian tengah. Pasalnya di bagian yang ujung dagingnya terlalu sedikit. Sedangkan untuk yang bagian pangkal buntut, kandungan lemaknya lebih tinggi dibanding di bagian tengah dan ujung. Sehingga memilih bagian buntut yang tengah memang lebih disarankan. Pilihlah buntut sapi yang masih segar, yang warnanya masih merah muda ketimbang memilih yang warnanya coklat ataupun abu-abun.

Ada tips sederhana agar buntut sapi bisa empuk dan memerlukan waktu yang lebih cepat. Tipsnya adalah dengan memasaknya ke dalam panci presto alias panci bertekan. Akan tetapi sebelumnya lebih baik untuk langkah awal merebus buntut sapi yang digunakan untuk kreasi resep sop buntut sapi adalah merebus dalam waktu kurang lebih 10 menit, lalu dibuang air rebusannya dan dipindahkan ke air rebusan yang baru. Karena air rebusan yang pertama mengandung lemak yang terlalu tinggi sehingga lebih disarankan untuk tidak digunakan. Nah, dalam merebus buntut sapi, supaya bau amisnya juga dapat hilang, sertakan daun salam dan juga jahe.

Kita pun masih bisa untuk mengurangi kadar lemak di dalam buntut sapi. Caranya adalah buntut sapi yang sudah matang bersama dengan air rebusannya dimasukkan ke dalam kulkas dan dibiarkan selama semalaman. Keesokan harinya, lemak yang mengapung di permukaan air dibuang dan buntut sapi beserta air kaldu rebusan tersebut dimasak kembali dan juga ditambahkan bumbu-bumbu terbaik untuk resep sop buntut sapi yang spesial. Jangan lupakan juga untuk menyertakan Royco Bumbu Pelezat Serbaguna Rasa Sapi yang dapat untuk semakin memperkuat cita rasa setiap masakan, yang tak tarkecuali pasti adalah sop buntut yang istimewa.

1 comment: