Wednesday, February 28, 2018

6 Tipe Apartemen Jakarta Barat yang Paling Nyaman Ditempati

Apartemen Jakarta Barat

Nyaris semua kawasan Jakarta Barat telah ramai dipadati oleh bangunan. Alhasil, munculnya banyak apartemen Jakarta Barat diharapkan bisa memangkas penggunaan lahan agar bisa lebih optimal. Tidak hanya mewah, apartemen di Jakbar juga hadir dalam berbagai tipe. Di bawah ini kita akan mengenali 6 tipe apartemen yang dimaksud sebelum Anda tempati.

1. Tipe Studio
Sebuah apartemen dengan tipe ini merupakan yang terkecil dari lainnya. Sudah umum para developer banyak yang menjual tipe ini karena memang tidak terlalu menguras bujet pembeli. Ciri apartemen tipe studio bisa dilihat dari luas tanahnya yang hanya 20 hingga 30 meter persegi. Tentunya ukuran ini disesuaikan dengan keinginan developer atau pengembang.

Dalam satu ruangan di apartemen, rupanya sudah termasuk kamar mandi, kamar tidur, serta dapur. Desain ruangan seperti ini tentunya memerlukan perawatan yang tidak teliti. Soalnya kalau dapur dan kamar mandi dibiarkan kotor, maka aktivitas di kamar tidur nantinya akan terganggu. Enaknya, hanya dengan 1 ruang, Anda bisa melakukan banyak hal.

2. Tipe Convertible
Dibanding dengan tipe studio, tentu saja tipe ini lebih besar ukurannya. Apartemen bertipe convertible menggunakan dinding pemisah layaknya rumah-rumah secara umum. Jumlah pemetaan ruangan disesuaikan dengan pengembang apartemen terkait dan juga sesuai dengan bujet Anda. Kalau Anda mau yang ruangannya luas, pilih saja tower yang besar.

Dengan tipe ini, tentu lebih memudahkan Anda saat membagi ruangan dengan fungsi-fungsi tertentu. Katakanlah pada ruangan kosong pertama, Anda tempati untuk ruang keluarga. Ruang kosong kedua, Anda tempati untuk kamar tidur. Ruang kosong ketiga, Anda jadikan sebagai gudang kecil. Sedangkan untuk dapur dan kamar mandi tidak bisa diubah.

3. Tipe Loft
Letak kenyamanan menempati apartemen bertipe loft ini ada pada jendelanya. Ukuran jendela di apartemen ini cukup lebar dan terkesan besar. Kawasan Jakarta Barat ini cukup panas rasanya. Apalagi kalau musim kemarau. Setidaknya, ketika banyak udara luar yang masuk ke apartemen ini akan membuat dada lebih lega.

Konsepnya apartemen Jakarta Barat bertipe loft memang begitu. Tujuan utamanya agar kehidupan kota tidak terlalu membuat gelisah pernapasan penghuni apartemen. Tidak hanya ruang jendelanya yang besar, bahkan langit-langitnya juga cukup tinggi. Tipe apartemen ini juga memiliki pembatas. Hanya saja tidak sebanyak tipe kedua tadi.

4. Tipe Classic Six
Tipe keempat ini memiliki nama yang unik. Apartemen yang memiliki tipe classic six mengadopsi gaya bangunan besar di masa-masa bersejarah. Sebut saja gedung tinggi pada masa awal kemerdekaan yang rata-rata luas. Tipe apartemen ini juga begitu. Hanya saja eksplorasinya tidak segencar perumahan. Soalnya apartemen ini dibangun dengan satu lantai dasar yang kuat.

Tipe apartemen ini terkenal dengan ciri khasnya yang memiliki 6 ruangan. Jadi harus 6 ruangan agar bisa disebut dengan classic six. Tiga di antaranya digunakan untuk kamar tidur besar. Sedangkan 3 lainnya terpisah menjadi ruang tamu, dapur, dan juga ruang makan. Kamar mandinya terhitung satu ruang dengan kamar tidur. Sederhana, bukan? Namun pasti akan terasa nyaman untuk Anda tempati.

5. Tipe Garden
Pernah membayangkan kalau tinggal di apartemen Jakarta Barat sekaligus bisa menikmati taman? Rupanya tipe garden bisa menjawab pertanyaan itu. Hanya saja, letak apartemen ini berada di lantai dasar. Soalnya tidak mungkin bisa menanam rumput atau tanaman hias tanpa adanya tanah. Oleh karena itu, apartemen tipe ini sangat diminati.

Bisa dibilang kalau Jakarta Barat saat ini sudah jarang ada pepohonan. Terlebih lagi di kawasan padat yang juga sudah bertumbuhan banyak apartemen. Dengan kondisi semacam itu, tipe garden ini menjadi semacam solusi kecil. Kenapa kecil? Soalnya seberapa besarnya apartemen di Jakarta Barat, luas tanahnya tetaplah terbatas dan rata-rata minim.

6. Tipe Alcove
Sebetulnya tipe apartemen ini masih menjadi bagian dari tipe studio. Hanya saja bentuk apartemen ini menyerupai huruf L. Desain seperti ini mengesankan modernitas sebuah zaman. Bahkan tidak menutup kemungkinan kalau kelak akan banyak variasi bentuk studio yang lain. Soalnya memang tipe studio cukup mudah diubah bentuknya secara kreatif.

Beda tipe studio biasa dengan alcove terletak pada kamar tidurnya. Di tipe studio, baik kamar tidur, dapur, dan juga kamar mandinya itu satu ruangan. Sementara untuk tipe alcove ini, kamar pribadinya justru yang membentuk huruf L tadi. Dengan kamar yang tersekat, tentunya membuat Anda lebih nyaman ketika ada ribut-ribut di luar atau semacamnya. Setuju?

Semuanya tergantung pada pilihan Anda. Apakah Anda mau menggunakan tipe apartemen Jakarta Barat yang studio, classic six atau yang lain. Sesuaikan dengan bujet. Sejauh ini, minat terbanyak para pembeli itu pada tipe studio. Alasannya cukup klasik, “Asalkan bisa tidur dan hidup dekat lokasi kerja, itu sudah cukup.”

1 comment: