Friday, January 26, 2018

Tambah Tabungan Kamu Lewat 6 Trik Menghemat Uang Belanja Berikut Ini

Promo Tokopedia

Pasca gajian, hidup terasa begitu lapang karena saldo tabungan kembali terisi penuh. Namun menjelang minggu ketiga, ternyata saldo tabungan hanya tersisa 5 digit saja. Alih-alih mampu mempertahankan uang belanja hingga akhir bulan, ternyata di minggu ketiga uang belanja sudah hampir habis. Berbagai keperluan seperti biaya internet, biaya listrik, biaya kontrakan, biaya pacaran, dan lain-lain, tak bisa dihindari sama sekali. Inilah yang biasanya dialami oleh manusia modern, dimana gaya hidup konsumtif semakin menyulitkan seseorang untuk menabung. Bagi kamu yang kesulitan menghemat uang belanja, sebaiknya cek 6 trik menghemat uang belanja berikut ini.

1. Bayar Hutangmu Segera
Hutang merupakan salah satu penyebab mengapa seseorang kesulitan untuk menabung. Tak hanya dalam kacamata ekonomi, hutang ‘pun dapat mempengaruhi mental seseorang. Semakin banyak berhutang, maka semakin besar beban yang mesti dipikul. Tak hanya itu, karena kebiasaan berutang, akhirnya seseorang sudah tak segan-segan lagi meminjam uang kepada orang lain. Nah agar kamu bisa menambah saldo tabungan, sebaiknya pasca gajian, segera lunasi hutang-hutangmu. Tak perlu sekaligus, kamu bisa membayarnya sedikit demi sedikit.

2. Tentukan Budget Harian atau Mingguan
Meskipun dalam scope pribadi, namun bukan berarti kamu mesti serampangan dalam mengatur budget belanja. Agar kamu terhindar dari over-budget, sebaiknya kamu menentukan budget harian, atau jika terlalu susah, kamu bisa menentukan budget bulanan. Jadi sebelum atau pasca gajian, kamu sudah memiliki daftar belanjaan harian dan mingguan sehingga kamu lebih mudah mengatur anggaran bulananmu. 

3. Gunakan Promo Bebas Admin
Di era yang semakin canggih seperti sekarang, kamu bisa membeli atau membayar keperluan rumah tangga seperti listrik, PDAM, TV kabel, dan lainnya, via online. Sayangnya, karena menggunakan pihak ketiga, kamu ‘pun mesti membayar biaya admin. Biaya admin ini biasanya sebesar Rp.2.500, yang tentunya semakin memberatkan budget belanja kamu. Nah jika kamu ingin membayar tagihan listrik atau TV kabel tanpa biaya admin, maka manfaatkanlah promo Tokopedia. Untuk mendapatkan promo Tokopedia bebas biaya admin ini, kamu tentunya mesti mendapatkan kode promo yang diberikan Tokopedia. Jadi jika ingin menambah saldo tabungan, sebaiknya kamu manfaatkan promo dari Tokopedia ini.

4. Mulai Bisnis Online
Dewasa ini, semakin banyak pekerja kantoran yang banting setir menjadi freelancer atau online seller. Keuntungan menjadi pebisnis online yaitu bisa bekerja dimanapun dan kapanpun, bahkan di rumah sendiri. Jika kamu bekerja di rumah, maka kamu bisa mengatur segalanya lebih mudah lagi, khususnya soal pengaturan budget belanja bulanan. Kamu tak perlu lagi mengeluarkan uang untuk biaya transportasi, biaya makan, biaya travelling, dan lainnya. Selain itu, karena kamu bebas bekerja dimanapun, kamu bisa bekerja sambil travelling, bagaimana asyik bukan? Tentunya sebelum kamu resign dari kantor, sebaiknya kamu cari tahu dulu jenis bisnis online apa yang bisa kamu jalankan dan bepotensi menghasilkan profit yang banyak.

5. Hindari Restoran Mahal, Makanlah di Warteg atau RM Padang
Urusan makan merupakan salah satu penyebab seseorang kesulitan untuk menabung. Pasca gajian, siapapun tak akan segan-segan pergi ke restoran mahal untuk memuaskan hasrat kulinernya. Memang sah-sah saja makan di luar, namun jika setiap hari makan di restoran mahal, dalam seminggu uang bulananmu pasti habis. Jadi agar bisa menabung, sebaiknya alihkan hasrat kuliner pada tempat-tempat yang menjajakan makanan yang lebih murah meriah seperti Warung Tegal atau Rumah Makan Padang. 

6. Belanja di Pasar Tradisional
Teknik branding yang dilakukan banyak supermarket dan toko swalayan, memang sangat sukses menjaring banyak sekali konsumen. Padahal jika dibandingkan dengan pasar tradisional, produk yang dijual tidak ada bedanya sama sekali. Bahkan jika kamu membeli buah dan sayuran di pasar tradisional, kamu bisa menemukan buah dan sayuran yang lebih fresh dan tanpa bahan pengawet sama sekali.

Memang tak mudah menambah saldo tabungan di era yang semakin konsumtif seperti sekarang. Namun jangan pesimis, kamu memiliki banyak cara menghemat budget belanja bulanan sehingga kamu bisa menambah tabungan.

1 comment: