Monday, January 8, 2018

Menu Makan Untuk Program Diet Sehat

Tips Diet Makanan Sehat

Melakukan diet untuk mengurangi berat badan berkaitan dengan menu makanan yang kita konsumsi. Kita harus memperhitungkan kebutuhan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh kita, kemudian membatasi untuk tidak mengkonsumsi kalori dengan jumlah yang terlalu banyak di atas kebutuhan kalori kita yang sebenarnya.

Kebutuhan rata-rata kalori untuk orang dewasa hanya berkisar di 2000 kalori saja. Nah, untuk mendukung program diet yang sedang dijalani, berikut ini adalah menu makanan yang bisa kita coba untuk terapkan sebagai tips diet terbaik.

1. Menu Sarapan
Untuk menu sarapan, kita membutuhkan banyak serat untuk menjaga kita tetap kenyang selama beraktivitas tanpa mengkonsumsi kalori secara berlebihan. Solusinya, kita bisa mencoba untuk mengkonsumsi sereal yang ditaburi kismis, serta susu bebas lemak. Atau kita juga bisa mengkonsumsi satu buah pisang kecil yang dipadukan dengan selembar roti biji-bijian. Untuk memberi rasa, kita bisa menambahkan margarin atau selai jelly ke roti yang kita makan. Alternatif lain yang bisa dicoba adalah dengan mengkonsumsi oatmeal yang ditaburi kismis serta dimasak menggunakan margarin rendah lemak. Untuk minum, selain susu rendah lemak, kita juga bisa mencoba jus jeruk sebanyak 250 ml.

2. Menu Makan Siang
Sedangkan untuk menu makan siang, kita bisa mengkonsumsi roti sandwich berbahan baku dari biji-bijian, dipadukan untuk saus mustard, ayam, jamur, atau selada. Sebagai tambahan kita juga bisa mengkonsumsi 200 gram kentang rebus.

3. Menu Makan Malam
Kita dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi banyak karbohidrat di malam hari, sebab kita tidak melakukan banyak aktivitas selama tidur. Karena itu, cobalah semangkuk nasi merah yang dipadukan dengan capcay tahu atau sayuran. Kita juga bisa minum 250 ml teh lemon untuk membantu proses metabolisme tubuh saat tertidur.

4. Menu Camilan
Nah, untuk yang senang ngemil, jangan khawatir. Kita tetap bisa ngemil bahkan saat melakukan diet. Caranya, singkirkan ngemil makanan kemasan atau makanan ringan yang berkalori tinggi. Ganti dengan 245 gram yogurt rendah lemak serta potongan buah segar.
Tentu saja, selain menu yang tercantum di atas kita masih boleh untuk mengkonsumsi makanan berlemak atau berkalori tinggi sesekali. Kita bisa makan bebas dalam satu hari selama seminggu, misalnya.

1 comment: