Friday, December 22, 2017

Arisan Jadi Makin Seru dengan Olahan Sasa Santan Kelapa

Sasa, Santan, Kelapa, Kreasi, Masakan, Resep

Acara kumpul-kumpul bersama teman sejawat memang menyengkan. Selalu saja begitu. Apalagi jika acara kumpul-kumpul tersedia makanan sebagai camilan. Apabila bukan di rumah sendiri, pasti asik-asik saja, yah! Tapi bagaimana kalau di rumah sendiri seperti yang saya alami sekarang? Saya sempat bingung mau menyediakan makanan apa.

Untungnya, saya punya suami yang pintar masak. Yah, saya akui untuk urusan yang satu ini saya kalah. Dia menyarankan untuk membuat camilan sederhana yang mudah membuatnya saja. Serta gunakan juga bahan yang mudah didapat, seperti memakai Sasa Santan Kelapa. Santan instan ini memang selalu distok sih di rumah, soalnya sangat praktis.

Bagaimana tidak, untuk saya yang keahlian memasaknya mengenaskan, santan instan ini sangat membantu. Saya tak perlu memarut dan memeras kelapa untuk mendapatkan santannya karena sudah siap pakai. Dijamin sudah matang dengan tingkat kematangan yang pas. Saya hanya perlu fokus pada bahan masakan lain saja.

Nah, untuk arisan kali ini, camilan pertama yang saya buat adalah puding santan cocktail. Ini sebenarnya salah satu camilan yang saya kuasai, soalnya tidak pernah gagal. Saya piker juga bahwa hidangan ini sangat tepat untuk arisan kali ini. Membuatnya sangat gampang pula. Cukup sediakan agar-agar, santan, dan sekaleng cocktail buah.

Aduk agar-agar dengan santan kelapa sampai rata dan masak hingga mendidih. Sebelum itu, letakkan cocktail buah dalam cetakan. Tuang campuran agar-agar panas tadi ke cetakan dan tunggu sampai dingin.  Jika ingin menambah rasa dan mempercantik tampilan, beri tuang sedikit sirup di atas agar-agar. Cocktail buah siap disajikan.

Saya tak takut menggunakan Sasa Santan Kelapa ini, ya. Selain sangat membantu, santan kelapa instan ini serbaguna. Saya juga membuat minuman dari santan ini untuk acara arisan, yakni cendol. Cendolnya memang saya beli sudah jadi sih, tapi, untuk tambahannya saya buat sendiri.

Caranya pun sangat mudah. Hanya dengan melelehkan gula jawa yang dicampur dengan santan kental dari Sasa Santan Kelapa. Setelah mendidih, angkat. Tinggal disajikan dengan tambahan es batu yang menyegarkan. Es batu bisa disesuaikan dengan selera dan cuaca pastinya.

Dan untuk menu terakhir, saya dibantu suami membuat lontong sayur. Menu ini juga menggunakan santan instan sebagai bahannya. Memang deh, santan kemasan dari Sasa ini benar-benar sangat membantu. Saya cuma perlu membuat bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, jahe, sereh, lengkuas dan kunyit.

Setelah dihaluskan tinggal ditumis dan beri sayur labu siam sebagai tambahan. Ini tidak harus ya, kalau Anda mau mencoba, bisa menggantinya dengan yang lain. Terakhir masukkan santan kelapa dan aduk agar santannya tidak pecah sampai matang.

Bau harum menguar seketika ketika santan dimasukkan dalam panci. Aroma khas ini masih sama seperti santan yang baru diperas. Ketika sudah matang pun, rasanya tak berubah. Tetap sama seperti menggunakan santan yang berasal dari kelapa langsung. Menggunakan santan ini juga dijamin sehat, lho! Soalnya tidak menggunakan tambahan bahan pengawet apapun.


Senang deh, acara arisan di rumah sukses berkat Sasa Santan, Aslinya Santan. Makanan yang dihasilkan memuaskan, tak ada yang kecewa apalagi mengeluh. Apalagi, pada akhirnya saya sendiri yang mendapatkan arisan! Senangnya jadi double! Nah, Anda mau mencoba juga? Siapa tahu bisa beruntung seperti saya! 

0 comments:

Post a Comment