Friday, July 21, 2017

Mengenal Quinoa dan Segudang Manfaat Quinoa

manfaat quinoa

Quinoa atau qinoa merupakan salah satu jenis biji – bijian. Biji quinoa bisa dimakan, hal ini mengacu pada manfaat yang dimilikinya. Bahkan belakangan ini quinoa mulai dijadikan sebagai bahan pokok, pengganti nasi. Nasi putih memang mempunyai nutrisi yang baik untuk tubuh. Namun lebih dari itu manfaat quinoa jauh lebih banyak.

Pada proses pencernaan, quinoa membantu melepaskan zat karbohidrat secara perlahan ke dalam tubuh. Inilah mengapa quinoa sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Untuk mengetahui manfaat quinoa lebih lengkap, simak ulasan di bawah ini.

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung
Quinoa memiliki sifat yang nyaris serupa dengan oats atau sereal lainnya. Itu artinya quinoa juga mempunyai kandungan serat yang tinggi. Serat inilah yang mampu membantu mengurangi resiko adanya serangan jantung atau hipertensi.

Mencegah Batu Empedu
Manfaat quinoa selanjutnya adalah mampu membantu mencegah pembentukan batu empedu. Berdasarkan hasil studi yang dirilis American Journal of Gastroenterology menyebutkan jika mengonsumsi makanan berserat tinggi layaknya quinoa ini dapat membantu mencegah pembentukan batu empedu.

Memproduksi Sel Darah Merah
Quinoa memiliki kandungan vitamin B, dan dalam hal ini vitamin B berperan penting dalam memproduksi sel darah merah bagi tubuh. Quinoa memang merupakan biji – bijian yang kaya akan nutrisi, tidak heran jika akhirnya banyak orang mulai mengonsumsinya sebagai menu harian.

Mengurangi Keluhan Migrain
Apabila Anda sering mengalami sakit kepala sebelah atau migrain, maka akan lebih baik jika mulai detik ini Anda mengganti nasi putih dengan quinoa. Quinoa mengandung mineral dan magnesium yang bertugas melancarkan peredaran darah juga mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah. Saat peredaran darah berjalan lancar, maka perlahan rasa sakit kepala sebelah bisa mereda.

Menurunkan Berat Badan
Ternyata quinoa juga bisa membantu program penurunan berat badan Anda. Kandungan serat tidak larut serta protein yang tinggi bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, nafsu makan Anda akan lebih terkontrol sehingga keinginan untuk melahap semua makanan atau camilan bisa dihindari.

Mencegah Kanker
Quinoa mempunyai kandungan flavonoid yakni sejenis antioksidan nabati yang berperan dalam menyembuhkan dan mencegah serangan berbagai penyakit. Lebih dari itu, quinoa adalah salah satu sumber quercetin alami dalam makanan. Dan quercetin itu sendiri telah terbukti mampu membantu meminimalisir resiko serangan kanker.

Demikian tadi beberapa manfaat quinoa yang akan didapatkan apabila Anda mengonsumsinya secara rutin. Menilik manfaatnya yang sangat banyak, maka tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak meninggalkan nasi putih lalu menggantinya dengan quinoa. Yang terpenting saat ini adalah kesehatan, bukan rasa. Jadi tegaslah dengan diri Anda untuk mulai menerapkan pola hidup sehat agar Anda bisa menjalani hari – hari dengan bahagia.

0 comments:

Post a Comment