Saturday, June 17, 2017

Cara Mudah Merawat AC di Rumah

Service AC Jakarta Selatan

AC merupakan salah satu perangkat elektronik yang memerlukan perhatian ekstra dalam pemeliharaannya. Upaya pemeliharaan pendingin ruangan yang baik sangat diperlukan agar AC Anda tidak cepat bermasalah, dan awet digunakan sampai jangka waktu yang lama. Untuk beberapa orang, melakukan upaya-upaya maintenance pendingin ruangan adalah salah suatu pekerjaan yang sangat melelahkan. 

Namun jika Anda lebih memilih untuk mengurus sendiri urusan AC rumah, ada beberapa hal dan tips menarik yang dapat membantu Anda untuk dapat merawat AC rumah Anda dengan maksimal. Berikut ulasannya untuk Anda.

Pertama-tama, Anda perlu mengetahui bagian-bagian AC yang membutuhkan perawatan, yaitu bagian indoor dan outdoor. 

1. Bagian indoor atau unit AC yang terletak di bagian dalam ruangan, mencakup filter dan penutup AC 

2. Bagian out door yaitu bagian unit AC yang terletak di luar ruangan, mencakup evaporator
Kedua bagian AC tersebut sebaikaya dilakukan permbersihan secara berkala dan teratur. Untuk bagian indoor, diperlukan permbersihan berkala sekurang-kurangnya 2 minggu sekali. Sedangkan untuk bagian out door pembersihan berkala sekurang-kurangnya dilakukan 3 bulan sekali. 

Untuk dapat membersihkan kedua bagian AC ini, diperlukan beberapa alat, demi hasil pembersihan yang maksimal, alat-alat tersebut adalah antara lain:
a. Alumunium cleaner 
b. Kuas ukuran kecil dan sedang
c. Obeng Plus 
d. Tang kombinasi 
e. Selotip 
f. lembaran Plastik penutup 
g. Selang air 
h. Ember 
i. Kain lap
j. Sprayer. 

Jika seluruh alat di atas telah Anda persiapkan, now let’s go to work!

Tips pertama adalah mengenai cara membersihkan bagian indoor AC.

1. Pertama-tama, buka seluruh penutup indoor unit dengan cara melepaskan baut penutup satu per satu, menekan pengancing, lalu menarik penutupnya.

2. Kemudian siapkan lembaran plastik pelindung untuk menutupi bagian sisi unit. Hal ini dilakukan untuk melindungi panel kontrol AC dan agar dinding tidak kotor.

3. Ambil cairan pembersih elemen aluminium AC, campurkan dengan air dengan perbandingan 1:1, lalu oleskan cairan ini pada bagian AC dengan menggunakan kuas searah elemen kisi-kisi evaporator. 

4. Biarkan selama kurang lebih lima menit agar cairan bekerja maksimal dalam mengangkat debu karat yang ada pada bagian dalam AC.

5. Setelah dibiarkan selama lima menit, semprot dengan air bertekanan. Caranya adalah dengan menutup sebagian ujung selang dengan ibu jari atau langsung dengan menggunakan sprayer. Semprot terus menerus sampai tidak terlihat ada busa.

6. Selanjutnya semprot bagian bawah blower dengan air sambil memutar dengan jari agar seluruh bagian blower bersih.

7. Kemudian bersihkan lubang pembuangan dengan menggunakan pipet tiup, lalu keringkan seluruh bagian unit indoor sebelum penutup dipasang kembali.

Selain Anda harus tahu cara membersihkan bagian dalam AC, Anda juga perlu melakukan pemeriksaan rutin pada bagian indoor unit pendingin AC di rumah Anda. Berikut cara-cara mudah yang dapat Anda aplikasikan dalam memeriksa AC secara berkala.

1. Hal yang paling penting dalam melakukan pemeriksaan adalah Anda harus selalu memeriksa saringan udara. Segera bersihkan bila saringan udara terlihat berdebu ataupun terdapat lumut.

2. Periksa baik-baik dan kencangkan dudukan AC terhadap dinding. Jangan sampai dudukan AC Anda terlihat kendor atau miring. Apabila sampai miring, maka akan sangat beresiko untuk terjadi kebocoran karena air tidak dapat mengalir dengan baik ke saluran pembuangan.

3. Cek juga seluruh terminal rangkaian. Pastikan tidak ada bagian kabel yang terkelupas atau terminal AC yang panas dan memeleh akibat terlalu lama dinyalakan. Rangkaian yang terkelupas atau terminal yang meleleh ini dapat beresiko mengakibatkan hubungan arus pendek.

Tips selanjutnya untuk Anda adalah cara merawat bagian luar atau outdoor dari pendingin ruangan Anda. 

1. Periksa high pressure dan low pressure AC. Bila tekangan terus berkurang, bisa jadi ada kebocoran pada instalasi pipa.

2. Periksa arus dan sesuaikan dengan standar.

3. Periksa kisi-kisi, usahakan jangan sampai penuh debu dan kotoran.

Nah, itulah beberapa tips merawat AC di rumah, dari cara membersihkan sampai cara pemeriksaan perangkat AC Anda. Namun, tak jarang juga beberapa orang enggan merawat AC secara pribadi untuk alasan efektivitas dan keamanan, dan lebih memilih untuk mempercayakan masalah perawatan AC kepada ahlinya. Untuk Anda yang berdomisili di Ibukota dan ingin mempercayakan segala macam urusan AC Anda kepada ahlinya, Anda dapat menemukan berbagai jasa service ac jakarta selatan.Untuk Anda yang berdomisili di Jakarta, baiknya Anda memanggil jasa service AC Jakarta Selatan

0 comments:

Post a Comment