Wednesday, March 29, 2017

Tips Mengatasi Anak Usia Satu Tahun Yang Susah Makan

Makanan Sehat Anak 1 Tahun

Bahagia itu sederhana, seperti halnya orang tua yang bahagia ketika melihat buah hatinya tumbuh dengan sehat. Namun orang tua akan mulai khawatir saat anak tiba – tiba susah makan. Apalagi anak baru menginjak usia 1 tahun, dimana nutrisi yang dibutuhkan pun harus selalu dipenuhi. Ditambah lagi pada usia ini anak ¬ mampu mengutarakan kemauannya, alhasil orang tua menjadi semakin cemas.
 
Perlu Anda ketahui, anak yang berusia 0 hingga 9 bulan belumlah mempermasalahkan rasa makanan. Tapi saat anak memasuki usia 10 bulan ke atas, anak belajar mengenal rasa. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mulai mempertimbangkan menu makanan sehat untuk anak 1 tahun berikut.
 
Walaupun sudah menjadi hal yang lumrah, orang tua tentu akan tetap khawatir saat anak susah makan. Meski termasuk hal yang biasa terjadi, masalah semacam ini juga memerlukan penanganan yang tidak sembarangan. Untuk lebih jelasnya, simaklah tips mengatasi anak 1 tahun yang susah makan berikut ini.
 
Kenali Penyebabnya 
Sebagai orang tua, Anda bertanggungjawab penuh terhadap keselamatan dan keamanan anak. Apalagi jika anak masih balita, maka Anda yang harus peka terhadap apa – apa yang dialaminya. Pada periode tertentu anak memang susah makan, tapi ketika Anda merasa ada yang ganjil pada anak, Anda pun juga harus mencari tahu apa sebabnya.
 
Misalnya saja sebelumnya Anda pernah memaksa anak untuk makan padahal anak sedang dalam kondisi kenyang, tindakan memaksa tersebut bisa jadi menimbulkan trauma psikologis pada anak. Oleh karena itu sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter.
 
Jangan Memaksa Anak Untuk Makan 
Seperti yang sudah disinggung di atas, memaksa anak untuk makan padahal anak tidak mau makan bisa jadi malah menimbulkan masalah baru, yakni trauma psikologis. Karena itu hindarilah memaksa anak untuk makan. Sebagai gantinya, Anda bisa memberikan camilan sebagai alternatif makanan sehat untuk anak 1 tahun.
 
Porsi camilan yang jauh lebih sedikit dan jenisnya yang bermacam – macam bisa Anda tawarkan pada anak. Caranya adalah dengan menyediakan berbagai varian camilan sehat di depan anak. Lalu biarkan anak memilihnya. Selanjutnya coba suapi anak, kemudian perhatikan respon yang diberikan anak.
 
Apabila anak menunjukkan respon positif, maka lanjutkanlah menyuapi anak dengan camilan tersebut. Namun sebaliknya, jika respon yang diberikan negatif, cobalah untuk menawarkan menu camilan yang lain.

Variasikan Menu Makanan

Penyebab anak susah makan memang sulit untuk dipahami. Karena itu Anda harus sabar untuk mencoba satu per satu cara yang ada. Meskipun anak usia satu tahun baru mengenal rasa, bukan berarti mereka tidak merasa bosan dengan makanan yang itu – itu saja. Dengan demikian sangat disarankan bagi Anda untuk memvariasikan menu makanan sehat untuk anak 1 tahun. 

Membuat menu makanan yang dipercantik dengan tampilan yang unik bisa membuat anak jauh lebih tertarik untuk makan. Manfaatkanlah sayur – sayuran yang memiliki warna cerah agar makanan terlihat berwarna – warni. Buatlah variasi menu makanan sehat untuk anak 1 tahun yang berbeda setiap harinya supaya anak tidak mudah bosan.

Berikan Susu Saat Anak Menginginkannya

Mengingat anak lebih sering menolak makanan yang Anda berikan, pastikan Anda tetap memberikannya susu setiap kali anak meminta. Tujuannya adalah agar anak tetap mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.
 
Demikian tadi beberapa tips mengatasi anak 1 tahun yang susah makan. Khawatir saat anak susah makan adalah pasti, tapi pastikan juga jika Anda bisa mengelola rasa khawatir tersebut. Dengan begitu Anda bisa mengatasi anak susah makan dengan mudah dan tentunya bisa tetap memberikan makanan sehat untuk anak 1 tahun tanpa kendala berarti.

0 comments:

Post a Comment