Sunday, March 12, 2017

Tips Berolahraga yang Patut Diketahui Para Pengidap Diabetes

Olahraga Penderita Diabetes


Para pengidap diabetes sering kali merasa bahwa kondisi kesehatannya terlalu buruk untuk berolahraga. Padahal, olahraga justru dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk mengembalikan kebugaran tubuh. Mengonsumsi obat diabetes saja tentunya tidak cukup untuk menjaga kesehatan. Kita juga harus berolahraga agar fisik menjadi lebih bugar dan bersemangat.

Beberapa tips berikut ini akan membantu pengidap diabetes yang ingin berolahraga. Jangan takut dengan kondisi kesehatan bila kita ingin rutin berolahraga mulai sekarang :

Waktu Terbaik untuk Berolahraga
Para pengidap diabetes sebaiknya berolahraga pada 1-2 jam setelah makan. Karena pada kondisi tersebut, gula darah sedang berada dalam keadaan agak tinggi. Olahraga akan membantu tubuh membakar kalori dan menstabilkan kadar gula darah. Sehingga, tubuh terasa lebih bugar dan tidak lemas usai berolahraga.

Tubuh Harus Tetap Terhidrasi
Jangan sampai tubuh jadi kekurangan cairan karena kita malas minum saat berolahraga. Untuk mengatasi hal ini, usahakan agar kita selalu membawa air minum saat berolahraga. Sebelum berolahraga, mulailah minum dengan jumlah secukupnya. Kemudian jangan lupa untuk kembali minum setelah 20-30 menit berolahraga.

Usahakan Agar Tidak Terluka
Pengidap diabetes biasanya akan sulit sembuh bila kulitnya luka. Bekas luka tersebut malah dapat menimbulkan noda hitam yang mengganggu penampilan. Sebaiknya kita mencegah hal ini dengan cara berhati-hati saat berolahraga. Kita juga bisa mengenakan pelindung siku atau lutut untuk meminimalkan risiko luka.

Olahraga Angkat Beban untuk Pengidap Diabetes
Pengidap diabetes yang tidak mengalami kelainan saraf akibat diabetesnya tidak dilarang untuk melakukan angkat beban. Justru olahraga angkat beban akan melatih kekuatan otot. Risiko massa otot menyusut akibat diabetes pun bisa dicegah sejak dini. Fakta menyatakan pengidap diabetes yang melakukan olahraga angkat beban memiliki kadar gula darah yang lebih stabil daripada mereka yang tidak mengangkat beban.

Jika kita sudah paham tentang urusan olahraga untuk pengidap diabetes, jangan lupa pula memperhatikan asupan makanan yang tepat. Gorry Gourmet memiliki menu makan sebagai obat diabetes yang dapat membantu menjaga kestabilan kadar gula darah. Risiko komplikasi akibat diabetes pun dapat diminimalkan dengan pola makan yang tepat. Bila kita menyadari pentingnya kebugaran tubuh, diabetes tidak akan menggerogoti kesehatan kita secara perlahan-lahan. Sudah waktunya untuk hidup bugar dan bersemangat meskipun mengidap diabetes.

1 comment: