Thursday, February 23, 2017

Karakteristik Perkembangan Anak Usia 5 Tahun

Anak 5 Tahun

Usia anak 5 tahun merupakan masa di mana mereka sedang berada pada akhir dari bagian awal masa kanak-kanaknya. Di masa ini mereka mulai memahami lingkungan sekitarnya melalui keluguan dan kepolosannya. Adapun beberapa karakteristik perkembangan anak 5 tahun yaitu:

1.    Kemampuan Fisik yang Aktif

Keingintahuan yang besar memacu tubu mereka untuk aktif bergerak, menemukan banyak hal, dan mempelajari segala sesuatu. Mereka juga mampu mengatur gerakan tubuhnya dengan lebih baik dan luwes. Mereka mampu melakukan banyak hal. Bisa berlari dengan cepat, meloncat, berlari dengan satu kaki, dan mundur bertumpu pada tumtinya. Pada usia ini, mereka juga sudah bisa mencuci tanganya sendiri tanpa membasahi bajunya, berpakaian dan mengikat tali sepatunya sendiri. Mereka mulai dapat menulis beberapa huruf dan angka, juga menuliskan namanya dengan benar. Selain itu, daya imajinasi yang kuat membuatnya mulai menggambar benda-benda yang ada disekitarnya.

2.    Penglihatan
Asupan gizi yang baik dan juga perkembangan ketajaman mata yang bagus membuat anak usia 5 tahun dapat menguasai indera peraba, pendengaran dan penglihatan hampir sama dengan orang dewasa.

3.    Perkembangan kemampuan bahasa
Dalam usia ini, kosa kata anak akan meningkat sampai 8000-14000 kata hingga menuju usia 6 tahun. Selain itu dengan rasa ingin tahu yang begitu besar, mereka bahkan tidak sungkan untuk banyak bertanya.

4.    Perkembangan kemampuan sosial
Kemampuan sosial mereka dalam usia ini dapa dilihat dari cara bermain anak yang lebih terarah dan mampu bekerja sama dalam bermain. Tampak bahwa rasa sosial mereka sangat tinggi. Mereka senang menghabiskan waktu dengan bermain bersama dan tolong menolong dalam menemukan sesuatu yang baru dan membuat mereka penasaran. Sangat memungkinkan, pada usia mereka lebih siap untuk berpisah beberapa jam dari orangtuanya. Kemampuannya sudah mulai belajar saling memahami dan berbagi dengan orang lain, mampu bertenggang rasa, dan mampu menerima tabggung jawab yang ringan.

5.    Perkembangan Emosional
Kecerdasan emosional adalah kepandaian dalam memahami emosi orang lain dan mengatur emosi mereka sendiri. Dalam hal ini, mereka akan mulai memahami perasaan orang lain terhadapnya. Mereka mampu memprivasi diri sendiri dan tahan menghadapi rasa frustasi, mengontrol gerak hati dan menunda kegembiraan, dan berempati (mampu membayangkan dan merasakan perasaan oranglain).

Mereka juga akan mulai memahami mengenai ekspresi manusia yang beragam seperti bahagia, marah, sedih, berduka, senang, dan sebagainya.

0 comments:

Post a Comment