Thursday, February 23, 2017

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Nasi

Dalam menjalani hidup berumah tangga, selalu saja ada suka dan duka yang dihadapi, apalagi ketika sepasang suami istri sudah dikaruniai seorang anak yang umurnya mencapai balita ataupun anak-anak maka tentu berbagai kejutan sering terjadi. Anak adalah buah hati kita yang diharapkan mampu menjadi penerus generasi kita yang saat ini tengah membesarkan mereka. Kita tentu berharap, dalam diri mereka terdapat berbagai hal-hal baik yang mampu menjadi bekal positif bagi kehidupan mereka kelak. Meskipun begitu, kita mesti menyadari juga ada beberapa hal yang bisa menjadi masalah semasa buah hati kita masih dalam usia balita maupun anak-anak, misalnya seperti susahnya untuk membiasakan mereka makan nasi. Ini merupakan masalah penting yang perlu mendapat perhatian orang tua secara khusus.

Anak Susah Makan Nasi


Bila kita berada pada situasi di mana anak kita enggan atau susah untuk diberi makan nasi, maka dalam menghadapi situasi ini segeralah untuk melakukan tips berikut ini sebelum mereka terbiasa untuk tidak makan nasi dan akhirnya berujung pada kesehatan fisik mereka yang kurang baik. Berikut ada beberapa tips tentang cara mengatasi anak susah makan nasi , diantaranya:
 
1.    Kreasikan makanan sekreatif mungkin
Ide ini patut dicoba. Cobalah mengkreasikan makanan untuk anak ke dalam bentuk karakter tertentu, yang sifatnya lucu, unik, dan menghibur, misalnya seperti tokoh kartun favoritenya atau dengan kemasan tempat makan atau taman bermain yang memang disukai oleh anak-anak. Hal ini dilakukan agar mampu membangkitkan selera makan nasinya.
 
2.    Coba berbagai resep berbeda
Tentunya jika makanan yang kita sajikan itu-itu saja akan melahirkan rasa bosan, karena itu sajikanlah jenis makanan yang berbeda setiap harinya. Kita bisa mencoba banyak resep masakan untuk anak, banyak referensi masakan baik yang ada di internet maupun yang dijual berupa buku-buku resep. Yang terpenting adalah sajian makanan tersebut memenuhi nutrisi yang lengkap seperti sayuran dan buah-buahan.
 
3.    Berilah makanan sesuai dengan kebutuhannya
Cobalah membiasakan memberikan makanan kepada anak dengan porsi makanan yang lebih kecil dan sedikit tapi dalam waktu yang sering. Ini lebih baik, daripada makan dengan porsi yang langsung besar.
 
4.    Gunakan peralatan makan yang disukainya
Di zaman sekarang sudah banyak beredar peralatan makan yang khusus dibuat untuk anak-anak dengan berbagai bentuk dan gambar. Misalnya seperti gambar dengan karakter kartun mickey mouse, dora, naruto, dan sebagainya. Dengan begini, dijamin akan menambah mood anak dalam melahap makanannya.
 
5.    Menghindari jajanan luar
Jangan membiasakan anak dengan membeli jajanan di luar karena hal tersebut akan berdampak pada pada selera makannya yang selalu ingin di luar. Tumbuhkan kebiasaan makan di rumah sejak dini. Daripada jajan, lebih baik membekalinya dengan camilan atau makanan yang menarik dan enak agar keinginannya makan di luar tidak muncul.
 
6.    Makan dengan teratur
Jadwal makan anak yang teratur mulai dari jam sarapan, makan siang dan makan malam tentu akan berdampak baik bagi anak. Selain itu, hal ini juga membantunya dalam membiasakan hidup disiplin. Memang akan terasa berat bagi anda yang belum terbiasa, tapi cobalah perlahan-lahan dengan kesadaran bahwa disiplin itu penting, maka kita akan terbiasa.

0 comments:

Post a Comment