Tuesday, November 29, 2016

7 Langkah Cara Cuci Tangan

Cara Cuci Tangan Yang Benar


Cara Cuci Tangan Yang Benar - Gerakan mencuci tangan saat ini mulai digalakkan terutama untuk anak-anak dengan tujuan kebiasaan baik ini dapat dimulai sejak dini. Masih banyak anak-anak yang belum mengerti mengapa mencuci tangan sangat penting untuk dilakukan. Untuk itulah, perlu diberikan informasi yang benar agar mereka dapat mengerti dan membiasakan cuci tangan.

Mencuci tangan bisa jadi sangat penting dan bermanfaat pada moment tertentu seperti sebelum makan, selesai buang air atau habis dari toilet, usai membuang sampah, bermain dan berbagai kegiatan yang membuat tangan menjadi kotor.

Sebagian dari sahabat KaAlga.com mungkin sudah mulai terbiasa mencuci tangan, tapi apakah cara mencuci tangan yang kita lakukan sudah benar dan bisa membuat tangan bersih serta bebas dari kuman? Jika masih ragu dan belum tahu bagaimana cara mencuci tangan yang benar, ada baiknya baca ulasan berikut:

7 langkah cuci tangan yang benar

1) Gunakan air yang mengalir untuk membasahi tangan ketika hendak mulai mencuci, bisa lewat kran air. Basuh tangan hingga pertengahan lengan atau sedikit di atas pergelangan tangan. Gunakan sabun cuci tangan  yang mengandung antibakteri serta ampuh membunuh kuman

2) Gosok perlahan telapak tangan hingga bagian-bagian lainnya seperti sela-sela jari dan punggung tangan

3) Lakukan secara bergantian pada kedua belah tangan hingga seluruh tangan terkena sabun untuk menghilangkan kotoran dan bakteri 

4) Bersihkan pula ujung jari dan juga kuku tangan caranya bisa dengan mengatupkan tangan secara bergantian

5) Gosok dan lakukan gerakan putar kedua ibu jari pada kedua belah tangan

6) Posisikan semua ujung jari pada tangan kiri ke tengah telapak tangan kanan, lakukan secara bergantian

7) Terakhir bilas tangan hingga bersih pada air yang mengalir, pada saat mematikan kran gunakan tissu bersih sebagai alas menyentuh kran. Lalu keringkan tangan.

Untuk melakukan 7 langkah diatas, memang perlu waktu yang lebih lama daripada mencuci tangan dengan cara yang biasa atau asal-asalan namun ini tentu untuk kebaikan diri sendiri. Kebiasaan mencuci tangan memang terbilang hal yang mudah dan terkesan sepele namun dapat berdampak besar terhadap kesehatan. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak menyadari dan sering mengabaikan hal ini. 

Mulai saat ini, yuk lebih perhatian terhadap kebersihan tangan dan ajarkan kepada anak-anak cara mencuci tangan yang benar karena kebiasaan baik harus dimulai dari sekarang!Jangan tunggu nanti.

0 comments:

Post a Comment