Wednesday, October 5, 2016

Hubungan Kasih Sayang Sang Ayah Terhadap Intelektual Dan Tumbuh Kembang Anak

Hubungan Ayah Dan Anak

Seorang anak yang tumbuh dengan kasih sayang yang lengkap dari kedua orang tuanya, tentu memiliki karakter berbeda dibandingkan dengan anak yang kurang perhatian dan kasih sayang, baik itu hanya dari ibu atau ayah saja, terlebih tidak mendapatkan dari keduanya. Mengapa bisa demikian?

Setelah dilakukan banyak penelitian mengenai pengaruh peran orang tua terhadap tumbuh kembang anak pentingnya-kasih-sayang-ayah-untuk-tumbuh-kembang-anak/, hasilnya memang menunjukkan ada pebedaan, seperti yang disebutkan dalam penelitian para ahli neuroscience yang berasal dari Washington University School of Medicine, menyatakan bahwa seorang anak yang memperoleh kasih sayang dari asuhan sang ibu secara penuh memiliki bagian hippocampus otak lebih besar, dimana bagian ini memiliki peran yang sangat penting terhadap proses belajar, emosi, dan daya ingat anak. 

Jika dari kasih sayang ibu saja mampu memberikan dampak yang besar pada tumbuh kembang anak, lalu bagaimana peran kasih sayang dari ayah? bisa dibayangkan pembentukan karakter sang anak dapat berkembang dengan lebih baik jika mendapatkan pengasuhan dan perhatian dari kedua orang tuanya. Untuk itu, pasangan suami istri yang sudah dianugerahi anak, hendaknya sedini mungkin dapat merencanakan pola asuh yang tepat dan sesuai dalam setiap tahap perkembangan buah hati.  

Keberadaan dan perhatian ayah kepada anak, tidak kalah penting perannya. Meski tugas utama ayah adalah mencari nafkah dan seringkali harus berada di luar rumah serta sibuk, namun jangan sampai hal ini membuat ayah lupa memberikan kasih sayang kepada sang buah hati tercinta. Sebaiknya luangkan waktu khusus untuk bisa berkumpul dan berinteraksi dengan anak, sekedar menemani anak bermain, belajar atau bercanda akan sangat berarti bagi perkembangan dan jalinan emosional antara ayah dan anak.

Hubungan yang dekat antara ayah dan anak mampu memberikan pengaruh baik bagi anak itu sendiri, beberapa diantaranya yaitu:

Meningkatkan intelektual pada anak
Membentuk rasa percaya diri 
Meningkatkan kemampuan kognitif
Anak mampu mengelola emosi dengan baik
Mampu menumbuhkan sikap displin
Anak memiliki contoh yang kongkrit dalam mempelajari hal-hal baik 

Melihat banyaknya dampak posiif dari peran ayah untuk perkembangan anak disetiap tahap pertumbuhannya, maka sudah selayaknya ibu dapat mendukung dan mengingatkan ayah agar memberikan perhatian kepada anak dengan meluangkan waktu dan juga tidak segan untuk menunjukkan kasih sayangnya. Sesibuk apapun ayah, anak berhak untuk memperoleh kasih sayang dan juga perhatian dari sang ayah. Untuk itu, miliki waktu khusus atau quality time bersama keluarga tercinta!

0 comments:

Post a Comment